Masih ingat, dong, artikel terdahulu perihal peran para aktor dalam sebuah kalimat. Betul, perihal kalimat aktif dan pasif. Perilaku aktor mengikuti perubahan kata kerja. Aktor terlihat aktif dalam kalimat aktif, aktor menjadi korban dalam kalimat pasif.

Pertanyaannya, bisa tidak membuat kalimat yang menonjolkan perbuatan aktor tanpa perlu mengubah kata kerja menjadi pasif? Bisa dong. Apa sih yang enggak bisa buat kamu, he, he, he….

Nah, kalimat yang seperti ini dinamakan kalimat inversi. Konstruksi kalimat model begini lebih menekankan aspek kerja atau perbuatan. Konstruksinya, membalik susun kalimatnya. Mendahulukan predikat baru subjek atau sang aktor.

Pasalnya, susun kalimat dalam konstruksi ini dibalik menjadi predikat lalu subjek. Misalnya:

  • Goyang ngebor Inul memicu kontroversi.
  • Kepergian anggota DPR ke luar negeri tidak membawa hasil.

Dua kalimat di atas adalah kalimat berstruktur biasa. Subjek lalu predikat, yang kebetulan kata kerja. Lalu bila kita akan menonjolkan aksi si subjek, si predikat bisa kita majukan. Hasilnya:

  • Memicu kontroversi goyang ngebor Inul.
  • Tidak membawa hasil kepergian Presiden Gus Dur ke luar negeri.

Kalimat inversi semacam ini sebenarnya bergantung pada selera penulis. Bila ingin menekankan bahwa kontroversi terjadi karena goyang ngebor, tentu bentuk inversinya seperti kalimat di atas, begitu juga bila ingin menekankan bahwa kepergian anggota DPR sia-sia. Tapi, yang jelas, kata kerjanya tidak berubah. Tetap kata kerja aktif.

Sebenarnya bentuk kalimat inversi ini merupakan salah satu cara agar kalimat kita tidak monoton. Kalimat kita tidak melulu soal aktif dan pasif. Selain itu, tentu saja, selera penulis juga menjadi pegangan. Si penulis ingin menekankan apa dari kalimat yang dibuatnya. Salam.

Baca juga:

Aksi Dulu, Baru Ketemu Aktornya
Tagged on:                                     

5 thoughts on “Aksi Dulu, Baru Ketemu Aktornya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.