bagian akhir buku, bukan akhir segalanya

Sebuah buku sebenarnya tidak pernah berakhir, dia akan terus menginspirasi pembacanya untuk membaca buku lain atau membuat buku lain. Namun, bagian akhir tetap diperlukan sebagai tanda bahwa si pembaca harus menemukan wawasan baru dari sumber pengetahuan lain. Inilah bagian akhir sebuah buku.

Bagian akhir buku merupakan bagian setelah isi buku. Tidak seperti bagian awal yang diberi nomor romawi kecil, bagian akhir nomor halaman mengikuti nomor sebelumnya. Artinya penomorannya merupakan kelanjutan dari halaman sebelumnya.

Pada bagian ini terdapat glosarium, daftar pustaka, indeks, kolofon , sampul belakang, dan tulang belakang.

Glosarium (opsional)
Glosarium merupakan penjelasan atas kata atau istilah yang digunakan dalam buku. Umumnya dipakai dalam buku nonfiksi. Namun, buku fiksi pun ada yang memakai glosairum. Hal itu dilakukan untuk menjelaskan kata atau istilah bidang ilmu tertentu atau bahasa daerah atau asing tertentu.
Daftar pustaka
Untuk buku nonfiksi, daftar pustaka bersifat wajib untuk menunjukkan kredibilitasnya. Bahwa mereka mengutip dari sumber yang benar. Selain itu, juga untuk menghindari masalah plagiarime.
Indeks (Opsional)
Indeks ada di bagian belakang buku dan berisi subjek dan kata kunci yang digunakan di seluruh materi buku. Digunakan terutama dalam buku nonfiksi.
Sampul belakang
Sampul belakang umumnya berisi ikhtisar ringkasan buku. Terkadang kutipan juga testimoni dari pembaca atau tokoh. Di bagian ini juga terdapat logo atau tanda penerbit, dan kode QR. Biografi penulis atau editor juga bisa bisa berada di bagian paling belakang sesudah indeks atau di salinan sampul belakang.
Tulang belakang
Terkadang disebut juga punggung buku. Pada bagian ini biasanya ada nama penulis, judul, buku, dan nama penulis.

Demikianlah bagian akhir buku. Tulisan melengkapi artikel sebelumnya yang membahas bagian depan buku dan bagian isi buku.

Bagian akhir buku secara teknis memang merupakan bagian terakhir dari buku. Namun, sebuah buku tidak pernah berakhir. Ketika buku dilahirkan, dia bisa menginspirasi orang untuk menulis buku berikutnya. Selalu begitu.

Jadi, marilah menulis buku biar dunia semakin kaya dengan ilmu pengetahuan. Namun, bagian akhir buku bukanlah akhir segala, karena masih ada buku lain yang bisa kita baca lagi. Salam.

Baca juga:

Bagian Akhir Buku, Bukan Akhir Segalanya
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.