bagian depan buku yang perlu diketahui

Pernah melihat buku? Pertanyaan yang aneh, semua pasti pernah melihat buku, bahkan orang tidak suka membaca sekalipun. Namun, tahu tidak. Ada 25 bagian dalam sebuah buku yang patut kamu ketahui.

Sebuah buku sejatinya hanya terbagi dalam tiga bagian: bagian depan, tubuh/isi, dan akhir. Namun setiap bagian terdiri dari beberapa bagian lagi. Berikut akan dijelaskan hanya bagian depan buku, bagian-bagian lainnya akan dibahas dalam artikel selanjutnya.

Inilah anatomi bagian depan buku. Silakan.

Bagian depan
Acap juga disebut front matter. Bagian ini terdiri:

Cover buku
Yang berisi judul, nama penulis atau penyunting (editor), nama penerbit.

Halaman setengah judul
Halaman ini disebut juga halaman prancis. Hanya berisi judul saja tanpa penulis, tanpa penerbit. Terletak di sebelah kanan atau halaman tiga.

Halaman hak cipta/copyright
Informasinya mencakup tanggal publikasi dan penerbit, serta materi hak cipta. Pernyataan hak cipta akan mencakup siapa yang memiliki hak hukum atas informasi dalam buku tersebut.

Halaman persembahan/dedikasi (opsional)
Ini merupakan halaman yang menunjukkan bahwa hasil karya (tulisan) diperuntukkan bagi orang-orang tertentu yang memiliki hubungan emosional kuat. Biasanya ditulis: teruntuk….

Halaman ucapan terima kasih (opsional)
Halaman ini untuk berterima kasih kepada individu yang telah menyumbangkan waktu, sumber daya, dan bakat mereka terhadap upaya penulisan buku. Orang-orang yang tercantum di halaman ucapan terima kasih biasanya tidak terlibat langsung dalam produksi/penulisan buku.

Opsional

Opsional artinya boleh ada boleh tidak ada. Selain halaman persembahan dan terima kasih, masih ada opsional lain di front matter. Kendati begitu, ada juga opsional yang mestinya ada, seperti kata pengantar/prakarta. Silakan dilanjut.

Daftar isi
Halaman yang berisi semua daftar bab dan bagian dalam sebuah buku dengan judulnya.

Kata pengantar (opsional)
Ditulis oleh orang lain, bukan penulis buku. Kata pengantar mungkin diberikan ahli di bidangnya atau penulis populer dari buku serupa. Pernyataan pembukaan seperti ini dapat membantu menambah kredibilitas dalam mempromosikan buku ke toko buku dan pembaca.

Testimonial (opsional)
Testimoni ditulis oleh orang-orang yang mendukung penulis atau buku tersebut. Di Indonesia umumnya bagian testimonial berada di sampul belakang atau cover 4. testimonial.

Prakata (opsional)
Ditulis oleh penulis buku. Dalam prakata umumnya penulis menjelaskan mengapa menulis buku tersebut. Halaman ini bisa juga untuk membangun kredibilitas penulis. Selain itu, juga menyebutkan menyebutkan buku ini terinspirasi oleh apa/siapa. Ada juga yang menambahkan ucapan terima kasih di sini ketimbang pada halaman yang tersendiri.

Begitulah bagian depan sebuah buku. Ini perlu diketahui apalagi oleh penulis yang berniat menulis buku. Pada artikel berikut kita akan membahas bagian isi buku. Salam.

Baca juga:

Inilah Bagian Depan Buku yang Wajib Diketahui
Tagged on:                     

2 thoughts on “Inilah Bagian Depan Buku yang Wajib Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.