bagian isi buku
Bisa ditambahi grafik / Csaba Nagy (Pixabay)

Setelah bagian depan, sekarang kita akan melihat apa saja yang ada di dalam atau isi buku. Silakan simak.

Bagian dalam atau bagian isi merupakan bagian terpenting dari sebuah buku. Inilah salah satu yang menyebabkan orang membaca buku. Di sinilah orang bisa menemukan apa yang dijanjikan pada cover buku.

Bagian isi buku umumnya mencakup pembahasan topik tertentu sesuai dengan tema buku. Pada bab 1 biasanya merupakan pengantar sebelum masuk ke pembahasan lebih dalam pada bab-bab berikutnya. Bagaimana struktur bagian isi ini:

Umumnya halaman isi didahului oleh tulisan Bab 1: Pendahuluan. Yang tulisannya bisa beragam. Bisa Bab 1: Latar belakang, atau perkenalan, bahkan introduksi. Penulisan heading bab ini penting karena memberi petunjuk pembaca bahwa yang sedang dibaca adalah sebuah pengantar untuk memasuki isi buku itu lebih dalam.

Seperti struktur artikel atau tulisan pada umumnya. Isi bab buku juga hanya terbagi tiga: pendahuluan/latar belakang, isi, dan penutup/kesimpulan.

Susunan bagian isi buku

Pendahuluan
Pendahuluan bisa digunakan untuk menetapkan tema, metodologi, dan memberikan definisi yang berguna. Terkadang juga untuk menjelaskan bagaimana buku harus digunakan secara akademis. Judulnya, seperti dijelaskan di atas bisa macam-macam. Bisa pendahuluan, introduksi, perkenalan, banyak lagi yang lain.

Kutipan tulisan (opsional)
Sebelum masuk ke tulisan dalam pendahuluan, tulisan bisa dimulai dengan mengutip ucapan tokoh yang menginspirasi ataupun petikan dari sebuah karya sastra. Kutipan ini berguna untuk memberi suasana yang berbeda atau juga bisa merupakan tanda akan seperti apa isi bab tersebut.

Teks utama
Teks utama merupakan inti dari buku. Dalam pembahasan tentu juga harus diperhatikan teknis sitasi atau pengutipan. Selain itu, penomoran subheading yang menjelaskan pembahasan suatu poin tertentu juga harus diperhatikan polanya. Dalam bagian ini bisa juga ditambahkan gambar, grafik, atau tabel untuk memperjelas pembahasan.

Kata penutup
Seperti pada tulisan naratif, bagian ini merupakan antiklimaks atau peleraian. Karena itu, pada bagian ini tidak ada lagi pembahasan. Bisa ditutup dengan ringkasan atau kesimpulan. Kendati ada yang menggunakan bagian akhir dari bab ini untuk membahas subtopik terakhir dan diakhiri dengan paragraf penutup.

Begitulah bagian isi buku yang perlu diketahui. Bila ingin menulis buku, pengetahuan ini amat berguna. Itu agar kita bisa memperkirakan atau menyiapkan bahan apa yang diperlukan agar lancar dalam menulis. Salam.

Baca juga:

Bagian Isi Buku yang Perlu Anda Ketahui
Tagged on:                 

5 thoughts on “Bagian Isi Buku yang Perlu Anda Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.