Begini Cara Mengatasi Writer Block
Begini Cara Mengatasi Writer Block
Di awal-awal saya mulai menulis artikel dan skrip untuk televisi. Saya sering terjebak di tengah-tengah skrip saya. Saya seperti kehilangan arah. Buntu. Tidak tahu lagi apa yang harus ditulis. Saya menatap layar komputer, tidak ada kata-kata yang terlintas di benak saya. Blank. Ini bisa membuat frustasi.

Namun, setelah berpuluh tahun menulis artikel dan skrip untuk televisi, saya telah belajar bagaimana melewati blok penulis. Berikut tujuh cara ampuh untuk melawan writer block dan mengalirkan kembali ide ke tulisan.

  1. Menjauh dari apa pun yang Anda tulis dan lakukan apa pun yang kreatif. Cara pertama ini pernah dilakukan Chuck Sambuchino, penulis buku Creat Your Writer Platform. Dia memilih kegiatan lain di tengah kebuntuan. Misalnya melukis, menulis puisi. Intinya, kerjakan proyek kreatif lain selama beberapa jam atau hari dan kemudian kembali menulis.
  2. Melakukan freewriting. Luangkan waktu 15 menit atau lebih untuk menulis apa pun yang keluar dari kepala. Abaikan tanda baca. Tulis saja dengan bebas. Biarkan sepenuhnya acak. Anda mungkin mengganti subjek beberapa kali. Anda bisa mencampuradukkan fiksi dengan jurnal atau melampiaskan frustrasi. Proses ini melatih otak Anda untuk memanfaatkan kata-kata di dalam kepala Anda dan memberi mereka tempat tinggal di layar komputer atau jurnal Anda.
  3. Gerakkan tubuh Anda. Menari, berlatih yoga atau Tai Chi. Ini mungkin terdengar lucu, tetapi ketika darah dalam tubuh mengalir, pikiran akan jernih. Renungkan dan ambil napas panjang dan dalam. Pikiran yang rileks akan lebih terbuka. Pikiran terbuka lebih imajinatif.
  4. Menghilangkan gangguan. Matikan telepon, cabut akses internet. Waktu untuk menyendiri itu penting untuk tetap fokus.
  5. Menulis di pagi hari. Ketika Anda pertama kali bangun. Saat itu otak masih dalam mode theta, pola gelombang otak yang ada di benak Anda saat bermimpi. Tulisan terbaik saya terjadi ketika saya bangun pukul 4:00 atau 5:00 pagi.
  6. Menulis saat tidur. Pikiran bawah sadar akan membantu memecahkan masalah, bahkan ketika Anda sedang tidur. Terkadang ketika saya terjebak dalam kebuntuan. Saya akan memikirkan masalah saya tersebut ketika tertidur. Pagi berikutnya saya bisa bangun dengan solusi dan ide tulisan pun mengalir kembali.
  7. Jika semua teknik di antas tidak berhasil, , saya menggunakan Teknik Gelas-Air. Sebelum tidur, isilah segelas air, lalu ucapkan niat ke dalam air. Teknik ini pernah dilakukan Sambuchino. Niat yang diucapkannya adalah memanfaatkan sumber kreatif dan menulis dengan cemerlang besok. Minumlah setengah air setelah diucapkan niat dan simpan dalam setengahnya. Ketika bangun keesokan paginya, segera minum sisa airnya. Berhasil! “Itu membuat saya keluar dari blok penulis saya setiap waktu,” ujar Sambuchino.

Ternyata, writer block hanyalah tonjolan kecil yang dapat diatasi dengan mudah. Terkadang setiap penulis memiliki metode masing-masing untuk mengatasi writer block. Semangat menulis!

Baca juga:

Begini Cara Mengatasi Writer Block
Tagged on:                 

3 thoughts on “Begini Cara Mengatasi Writer Block

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.