Belajar menulis terkadang menjadi sesuatu yang kurang menyenangkan bagi sebagian orang. Kalau sudah begini, dijamin orang tersebut akan menemui kesulitan dalam pembelajaran. Pasalnya, perasaan gembira dalam belajar itu penting.

Nah, gembira itu penting. Jika kita akan belajar menulis sudah diawali dengan perasaan susah atau tidak senang, akan sulit untuk mendongkrak semangat untuk menyerap ilmu. Namun, meskipun kita tidak suka dengan belajar menulis, namun si coach atau instruktur bisa membangun suasana gembira. Bisa juga kegembiraan dibangun dan semua bisa belajar dengan senang. Bahkan, untuk pelajaran yang paling tidak menyenangkan.

Sebuah studi di jurnal , College Teaching, menemukan bahwa mahasiswa dapat mengingat kuliah statistik lebih mudah ketika dosen menambahkan lelucon tentang topik yang relevan. Nah, terbukti bukan, gembira itu bisa meningkatkan penyerapan pelajaran.

Dalam bukunya yang bertajuk Research-Based Strategies to Ignite Student Learning: Insights from a Neurologist and Classroom Teacher, Neurolog Judy Willis menunjukkan bagaimana pengalaman yang menyenangkan meningkatkan kadar dopamin, endorfin, dan oksigen. Hal tersebut yang mendorong pembelajaran.

Banyak peneliti berpengaruh (Dulay & Burt, 1977; Krashen, 1982) telah menemukan bukti bahwa orang belajar lebih baik ketika mereka merasakan emosi positif yang kuat.

Bila kita merasa belajar menulis menjadi suatu beban, sebenarnya ingin belajar tapi merasa tidak bisa, maka cari tempat belajar yang memiliki coach atau instruktur yang menyenangkan. Tapi, akan lebih baik lagi bila kita sudah membangun suasana hati yang gembira dan optimistis sebelum kita mengikuti suatu workshop atau pelatihan apa pun itu.

Bila senang mengikuti pelatihan menulis, kita akan membuat kegiatan menulis menjadi menggembirakan. Salam.

Baca juga:

Belajar Menulis itu Memerlukan Kegembiraan
Tagged on:                 

5 thoughts on “Belajar Menulis itu Memerlukan Kegembiraan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.
Powered by