Nama-nama benda yang terdapat unsur daerah terkadang bikin senewen. Misalnya pisang ambon, ambon ditulis dengan huruf kapital atau tetap huruf kecil. Jadi ragu, yang benar yang mana ya?

Kita sering bingung, ketika menemui kata-kata yang ada unsur nama daerah atau wilayah. Misalnya, pisang ambon, kunci inggris, bika ambon. Nama kota itu ditulis dengan huruf besar atau huruf kecil. Ini memang persoalan yang semestinya tidak menjadi persoalan.

Nama-nama seperti ini disebut juga nama generik. Harimurti Kridalaksana (1993:64) menyebutkan kata generik sebagai unsur leksikal yang maknanya mencakup segolongan unsur. Lalu, apa itu nama generik? Tentu saja bisa didefinisikan nama unsur leksikal yang mencakup segolongan unsur. Gampangnya, dalam buku saya yang bertajuk Inilah Bahasa Indonesia Jurnalistik menyebut bahwa nama generik adalah nama asal yang melekat pada suatu benda, seperti radio, buah, makanan (Sarwoko, 2007:41).

Lalu bagaimana menuliskannya? Kendati dalam nama generik terkadang menyangkut nama kota atau daerah tertentu, penulisannya harus tetap dalam huruf kecil. Nama kota atau wilayah itu tidak menyangkut nama kota tertentu, tetapi ciri khas dari makanan atau buah tersebut.

Contoh yang paling nyata adalah bika ambon, apakah dia berasal dari kota Ambon? Ternyata tidak. penganan ini justru banyak dibuat di Medan. Pisang ambon juga tidak ada hubungannya dengan kota Ambon tetapi mengacu jenis pisang tertentu yang berbeda dengan pisang raja misalnya.

Nama generik yang menyangkut nama kota atau wilayah cukup banyak di Indonesia. Sebut saja, jeruk mandarin, soto madura, bika ambon, jambu bangkok, ayam bangkok, lengkeng selarong, bawang bombai, gula jawa, dodol garut, kunci Inggris. Pemakaiannya dalam kalimat:

(1) Berkunjung ke Garut, Presiden disuguhi dodol garut
(2) Banyak yang memuji cita rasa soto betawi
(3) Rasanya kurang nendng karena kurang bawang bombai.

Nah, sudah tahu bagaimana memperlakukan nama generik. Jangan ragu-ragu lagi ya. Salam.

Baca juga:

Besar atau Kecil, ya, Huruf Pertama Nama Generik
Tagged on:                         

2 thoughts on “Besar atau Kecil, ya, Huruf Pertama Nama Generik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.