ericksonlori dari Pixabay

Joke lucu bukan semata karena materinya bagus. Gestur dari pembawa joke juga mempengaruhi.

Ini juga merupakan bagian dari rentetan joke yang selaras dengan set-up dan punchline. Dalam sebuah lawakan di panggung atau televisi. Selain joke yang verbal, seorang pelawak biasanya juga memanfaatkan gestur yang dimilikinya. Gerakan peniruan terhadap sesuatu atau kebiasaan. Intinya gesture ini untuk memperkuat joke.

Pelawak kita kebanyakan kurang memanfaatkan itu. Gestur pelawak kita cenderung tanpa motif. Tapi, untuk gestur yang bagus untuk mendukung penampilan barangkali kita bisa melihat Tukul. Pelawak yang acap menyebut dirinya Reynaldi ini sering menggerakkan tangannya seperti menarik-narik jambulnya, menarik-narik mulutnya, dan bertepuk tangan menirukan mulut ikan yang terbuka tutup.

Atau juga bagaimana para pelawak Srimulat dulu, seperti Timbul, Asmuni, memeragakan memakai baju tapi selalu meleset—baju tidak terpakai atau tangan tidak masuk ke lengan baju. Atau juga bagaimana Timbul yang duduk di kursi yang selalu terpeleset seolah-oleh kursi sangat licin. Atau mengikuti gerak slow motion dalam film-film aksi. Juga mengikuti gerakan film kartun atau binatang dalam melakukan lawakannya.

Bagi yang tidak mengenal Srimulat, bisa melihtnya di youtube. Banyak adegan dari srimulat yang menampilkan gesture yang amat mendukung joke. O ya, gestur seperti ini acap disebut act out. Pada komedian kiwari act out memang masih dilakukan untuk adegan tertentu, misalnya saja untuk menggambarkan perempuan yang berpinggul bear.

Perihal act out ini tentu saja hanya bermanfaat bila melakukan performance secara life atau di teve. Kalau siaran di radio, tidak ada manfaatnya. Dengan demikian, dalam sebuah pentas komedi, banyak hal yang bisa dimanfaatkan untuk memancing tawa penonton, termasuk act out tadi. Jadi, begitu Bro.

Baca juga:

Biar Lebih Lucu, Manfaatkan Gestur ya
Tagged on:                     

8 thoughts on “Biar Lebih Lucu, Manfaatkan Gestur ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.