Bugil dan telanjang adalah sinonim yang tidak seimbang. Telanjang bisa memiliki beragam makna, bugil hanya satu. Tidak percaya?

Tanpa busana orang selalu menyebutnya bugil, namun orang bisa juga mengatakan telanjang. Iyalah, mereka bersinonim. Jadi bisa saling menggantikan. Misalnya, Orang gila itu bugil di tengah pasar bisa juga ditulis Orang gila itu telanjang di tengah pasar.

Namun, bisakah mereka ini saling menggantikan dalam Bakteri tidak bisa terlihat dengan mata telanjang, berterimakah Bakteri tidak bisa terlihat dengan mata bugil. Tentu saja penggunaan kata bugil dalam kalimat kedua tidak berterima. Lalu, kita coba lagi dengan kalimat Dalam diskusi itu dia merasa ditelanjangi, bisakah Dalam diskusi itu dia merasa dibugili. Seperti sebelumnya, kata bugil dalam contoh ini kurang tepat. Kita coba satu lagi, Pria itu mencangkul dengan bertelanjang dada, bisakah, Pria itu mencangkul dengan berbugil dada. Ternyata bugil di sini kurang tepat juga. Mengapa?

Bugil hanya bersinoim dengan telanjang untuk makna tidak berpakaian. Untuk makna ini, kita sudah uji di atas, mereka bisa saling mengganti dengan tepat sekali. Untuk makna lain dari telanjang, bugil tidak bisa. Menurut saya, ini agak khusus, karena umumnya kata bersinonim memiliki makna yang sama lebih dari satu.

Saya pernah membandingkan niat dan maksud sebagai kata yang bersinonim. Niat dan maksud sama –sama memiliki makna tujuan, seperti Niat untuk menembak kekasihnya tercapai sudah atau Maksud untuk menembak kekasihnya tercapai sudah. Juga sama-sama memiliki makna janji, serperti Niat baik untuk menghajikan ibunya sangat mulia atau Maksud baik untuk menghajikan ibunya sangat mulia. Niat harus rela membiarkan maksud sendirian ketika mengandung arti makna, seperti Ibu sangat memahami maksud perkataan putri bungsunya itu.

Jadi, meskipun bersinonim, sebuah kata tidak selalu bisa saling menggantikan. Contohnya ya telanjang dan bugil. Kata bugil harus puas bersama telanjang ketika bermakna tidak memakai pakaian selembar pun. Dengan kata lain, bisa dibilang, bugil sudah pasti telanjang, telanjang belum tentu bugil. Beda dengan niat dan maksud ya. Salam.

Baca juga:

Bugil Sudah Pasti Telanjang
Tagged on:                 

6 thoughts on “Bugil Sudah Pasti Telanjang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.