buku bukti keberhasilan
Bukti keberhasilan / Pexels (Pixabay)
Ketika seorang pembelajar menulis sudah selesai menulis apakah harus hilang begitu saja karya mereka. Jangan sampai itu terjadi.

Sejelek atau sebagus apa pun hasil akhir pembelajaran menulis itu merupakan hasil berproses. Tentu saja tidak sepantasnya karya mereka harus berakhir di goresan nilai. Mereka harus mempunyai pijakan bahwa mereka bisa menghasilkan lagi karya yang lebih baik daripada yang sudah mereka buat. Itulah perlunya tulisan mereka dikumpulkan dalam sebuah buku. Mengapa? Buku itu menjadi bukti keberhasilan mereka dalam menulis.

Itulah yang mendasari saya mengapa setiap akhir pembelajaran, karya mereka harus dibukukan. Saya pun tidak mau menunda untuk membukukan. Begitu selesai perkuliahan langsung dibagikan buku yang sudah dicetak. Harapan saya, buku dapat terus membakar semangat menulis mereka. Jika dibukukan terlalu lama, api itu sudah padam dan sukar dinyalakan lagi.

Selain menjadi bukti keberhasilan, buku itu juga bisa menjadi portofolio. Dia menjadi bukti bahwa mereka mampu menulis dengan baik. Menulis merupakan keterampilan yang amat diperlukan di dunia kerja, apa pun pekerjaannya. Itulah, pembelajaran menulis menjadi penting.

Kebahagiaan terbesar saya, bila apa yang saya ajarkan dapat berguna dan bermanfaat untuk mereka. Seperti juga keahlian menyunting tulisan saya yang bisa membuat seseorang begitu bangga dengan bukunya. Saya terharu ketika ada yang mengucapkan terima kasih begitu tulus, ketika buku yang saya sunting dan saya tata letak terbit menjadi buku. Buku itu bukti saya bisa membahagiakan orang.

Namun, yang lebih penting lagi, seorang penulis biasanya adalah seorang pembaca yang baik. Kemampuan berpikir dan kemampuan menulisnya terasah dengan baik karena dia banyak membaca buku atau artikel yang diterbitkan. Lagi pula, menulis sejatinya adalah reproduksi dari apa yang kita tulis. Wahai pembelajar menulis, mari membaca, mari menulis, mari bahagia. Salam.

Baca juga:

Menulis itu Sebuah Proses, Tidak Asal Tulis
Enggak Perlu Lucu Buat Tampil Gokil
Bahasa, Pengalaman, dan Realitas
Kebanyakan Menulis Naskah Komedi Bikin Keracunan
Mood Harus Sama dengan yang Kita Tulis

Buku Itu Bukti Keberhasilan Pembelajaran Menulis
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.