orang gokil
Orang gokil / Pixabay

Gokil sebenarnya sebuah pilihan gaya hidup. Artinya, ketika memilih menjadi gokil berarti kita siap menjadi orang yang populer. Itu lo menjadi orang yang terlihat aneh menurut orang yang tak suka dengan gaya kita. Sudah siap belum? Kalau sudah siap, sekarang lencang kanan dan beri hormat. Emangnya lagi baris-berbaris.

Sebenarnya ada sejumlah hal yang bisa membuat orang cepat menjadi gokil. Tapi, karena gokil itu menyangkut berbagai hal, makanya biarpun cara instan tetap saja harus sedikit capek. Istilahnya, enggak ada makan siang yang gratis. Kalau begitu, makan pagi saja. Au ah, temanku ini memang senangnya menyela melulu. Mohon dipersori ya.

Artinya, untuk mencapai sesuatu harus dengan usaha. Enggak bisa simsalabin langsung jadi. Soalnya, menjadi gokil itu bukan sulap tapi sebuah proses, ada langkah-langkah yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Ada beberapa hal yang bisa bikin kamu gokil.

Fasion. Fashion juga mendukung gaya kegokilan kamu. Soalnya, orang gokil biasanya cara berpakaiannya sudah bisa mencuri perhatian orang. Kalau enggak bisa mencuri, jangan coba-coba, bisa ketangkap. Dah, emangnya mau mencuri ayam. Yang mboten-mboten saja. Sudah jangan diteruskan. Karena itu, orang gokil harus berpakaian yang mencolok perhatian. Kalau enggak bisa, colok mata kamu sendiri saja. Hus, sela temanku, jangan kasar, diamplas dulu sana biar halus.

Sebenarnya ada dua hal yang bikin orang gokil kelihatan mencolok dalam berpakaian.

Pertama, lantaran dia enggak mengikuti mode. Pakaiannya gitu-gitu saja. Potongan rambutnya juga cukup belah pinggir. Lantaran enggak mengikuti mode, dia jadi menonjol juga di antara kerumunan yang selalu modis. Nah, kalau menonjolnya di kepala, itu nama benjol. Hus, pergi sana, dunia kita berbeda.

Kedua, jadoel. Orang yang enggak mengikuti mode bisa jadi jadoel. Tapi, orang yang sengaja jadoel bisa jadi menonjol juga di tengah kerumunan yang biasa-biasa saja atau bahkan modis. Yang suka tampil model begini, ya, para pelawak. Masih ingat Unang yang selalu tampil mengenakan blangkon.

Ketiga, up to date. Yang ketiga ini orang gokil yang mengikuti perkembangan mode. Makanya tampilannya bisa benar-benar gokil. Mungkin kita bisa melihat tampilan Aming, komedian gokil dari Extravaganza. Cara berpakaiannya mendukung banget kegokilannya di layar kaca.

Keempat, orang yang enggak mengikuti mode tapi sangat bisa menarik perhatian orang di sekitarnya. Yaitu orang enggak yang memakai baju model apa pun alias telanjang. Kalau berani, kamu bakal jadi gokil dalam arti yang sebenarnya dan lantas orang bakal mengirim kamu ke rumah sakit jiwa. Ini merupakan betul-betul pencapaian tertinggi dalam dunia kegokilan, he, he, he,….!

Hapal dan terapkan

Selain pakaian, yang juga bisa bikin orang dijuluki gokil karena kemampuannya membuat lelucon. Nah, biar bisa gokil secara verbal atau ngocol, kamu pastinya harus punya modal. Modalnya bukan duit. Duit bukan segalanya. Kalau begitu, my best friend menyela, sini duit kamu buat aku saja. Ah, dasar mata duitan.

Hapal lelucon. Cara paling gampang biar bisa ngocol, kamu hafalkan lelucon yang ada. Jadi, beli deh buku humor atau surfing di internet buat nyari situs-situs humor, terus hafalkan menurut keperluan. Kalau enggak ketemu, cari saja situs porno, ups, ngajarin yang enggak benar. Sori ya. Banyak kok situs humor di dunia maya, pasti ketemu. Kalau sampai enggak ketemu, kebangetan.

Kalau sudah hapal, tinggal praktekkan. Misalnya begini. Pas teman kamu sama teman-teman lagi pada makan di kantin, tiba-tiba teman kamu melihat lalat di minumannya. Teman kamu mau marah, tapi kamu mencegahnya. “Sst, jangat ribut-ribut nanti semua orang pengen minumannya ada lalatnya,” kata kamu. Dijamin teman kamu pada ngakak. Padahal, kamu mengambil joke itu dari buku. Joke itu lengkapnya:

“Pelayan ada lalat dalam sopku!”
“Ssst, jangan keras-keras. Nanti semua orang minta seekor,” ujar pelayan.

(Edi Sigar, Buku Pintar Ketawa Lagi)

Peribahasa. Bukan cuma itu, kita juga bisa memelesetkan peribahasa. Peribahasa yang kita ucapkan dijamin bakal bikin kegokilan kamu makin kentara. Atau, minimal kamu akan disapa dengan penuh rindu kalau pas datang ke Grogol. Soalnya, dianggap sama-sama gokil beneran. Ah, siwalan lu. Misalnya:

  • Karena nila setitik rusak susu sebelahnya.
  • Kalah jadi abu menang jadi arang, yang misahin jadi kotor, yang nonton jadi enggak keruan.
  • Sudah gaharu cendana pula, sudah badannya bau celananya juga.
  • Seperti udang di balik bakwan.
  • Air tenang menghanyutkan, air banjir menyusahkan.

Plesetan dan slang. Orang-orang jadoel, senang banget ngomong mana tahan, assoy, geboi, atau sip. Yang kadang-kadang dibikin pantun juga: sip pake telor, kurang sip buka kolor. Sekarang kita mungkin akrab dengan slang cumi yang merupakan singkatan dari cuca mingkem. Gorda, gorila darat, yang artinya jelek banget. Jayus, maksudnya mau ngelucu tapi garing. GL, gitu loh.

Pantun. Yang terakhir, pantun. Biasanya pantun digabung sama percakapan sehari-hari. Terkadang ada teman kita yang agak tulalit dan responnya kurang bagus terhadap percakapan. Kita dekati dan bilang, “Jaka Sembung angon kebo, enggak nyambung bo”.

Itu memang terlalu biasa. Ada baiknya juga menonton lawakan dan menghafal pantun-pantunnya. Ini beberapa pantun yang sempat aku catat dari Ngelenong Nyok di Trans TV. Kenapa dari Ngelenong Nyok, soalnya di situ aku ikut nulis naskahnya.

  • Saodah suka ngegosip
  • Ya udah terima nasib
  • Makan pete sambil ngentut
  • Bete ndengernya mendingan cabut

Biasanya pantun juga dijadikan dialog, seperti:

  • Ada kenek lagi bertapa
    Eh, nenek kenapa?
  • Ada kenek liatin parsel
    Nenek lagi kesel
  • Makan tulang sama Anya
    Anya demennya pake sepatu
    Siapa bilang gue bininya
    Gue ini cuma pembantu
  • Nonton bokep di atas batu
    Cakep-cakep jadi pembantu

Nah, hapalkan deh, pantun-pantun dan joke dari buku atau internet. Dengan begitu, pas lagi ngobrol bisa dikeluarkan dengan spontan. Pasti teman-teman kamu bakal ketawa dan bilang “gokil lu”. Sudah tercapai kan cita-cita jadi orang gokil.

Baca juga:

Cara Cepat Jadi Orang Gokil
Tagged on:             

7 thoughts on “Cara Cepat Jadi Orang Gokil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.