coach menuli bukan tukang sulap

Inilah detik-detik Anda membutuhkan mentor alias coach menulis. Anda mempunyai kesulitan dalam menulis atau mengorganisasi tulisan, Anda tidak bisa menyelesaikan proyek penulisan yang penting. Apa saja yang bisa dilakukan seorang mentor menulis.

Mentor alias coach menulis adalah seseorang yang Anda butuhkan ketika ingin menulis tapi tidak tahu apa yang akan ditulis. Sudah selesai satu tulisan dan tidak tahu bagaimana mengembangkannya hingga menjadi buku atau tulisan lain. Sudah menulis namun merasa struktur atau susunan paragraf demi paragraf tidak teratur. Atau, ingin memiliki tulisan tapi membuat satu kalimat pun tidak mampu.

Namun satu hal yang harus Anda ingat, coach menulis bukanlah tukang sulap. Dia hanya seseorang yang kebetulan memiliki keahlian dalam menulis atau menyunting. Dia tidak bisa membuat seseorang menjadi penulis hebat. Mentor menulis adalah orang akan membantu Anda untuk memperbaiki kemampuan menulis.

Apa yang harus Anda lakukan? Ketika menemui kesulitan seperti yang disampaikan di atas, segeralah hubungan coach menulis yang dipercaya bisa membantu kesulitan Anda. Dalam pertemuan tatap muka, bisa jadi coach Anda akan menyusun jadwal guna menyelesaikan proyek penulisan Anda.

Di sinilah Anda mempunyai target penulisan yang harus diselesaikan setahap demi setahap. Artinya si mentor tidak bertindak sebagai penulis pengganti, namun hanya membimbing. Anda sendiri yang harus menyelesaikan proyek penulisan tersebut.

Coach akan membantu

Kendati begitu, bila yang diinginkan adalah si mentor atawa coach yang harus menulis semuanya. Tentu saja ini berbeda, Anda mengalihdayakan proyek kepada coach. Anda harus membayar lebih mahal. Kerugiannya, keterampilan menulis Anda tidak meningkat.

Sang mentor juga akan membantu Anda untuk membahas tahapan proyek menulis, termasuk garis besar awal, penelitian pendahuluan, garis besar yang direvisi, penelitian yang lebih luas. Garis besar yang direvisi lainnya, dan berbagai konsep, diikuti dengan proses editorial (pengembangan atau penyuntingan substantif.

Coach menulis akan membantu menentukan nada dan gaya tulisan sesuai dengan segmen yang dituju. Selain itu, si coach ini juga membantu Anda menemukan inti dari konten yang akan dikembangkan. Pelatih menulis juga membantu Anda membantu fokus, memberikan perspektif yang objektif, dan memberi motivasi.

Bagaimana dengan orang yang sama sekali tidak bisa menulis? Tentu saja si coach akan memberi arahan dan motivasi agar orang tersebut bisa keluar dari belenggu yang menghalanginya untuk menulis. Kedekatan dengan orang tersebut akan lebih memudahkan coach membantunya untuk menyingkirkan hambatan untuk menulis.

Jadi, kalau mempunyai masalah seperti yang disebutkan di atas, tentu saja Anda harus menghubungi orang yang tepat. Salam.

Baca juga:

Coach Menulis Bukan Tukang Sulap
Tagged on:             

4 thoughts on “Coach Menulis Bukan Tukang Sulap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.