danielle steel

Novel-novel Danielle Steel telah banyak diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Bahkan, ada beberapa yang mencetak best seller. Novel wanita Amerika ini telah terjual 680 juta buku secara internasional. Bukunya juga telah terbit di 168 negara dan dalam 43 bahasa.

Danielle Steel, nama lengkapnya Daniela Fernandez Schuelein-Steel. Ia lahir lahir, 14 Agustus 1947, di New York, Amerika Serikat. Penulis Amerika yang terkenal karena banyak novel romannya menjadi best seller. Steel telah menulis lebih dari 188 buku, 160 di antaranya novel; 18 buku anak-anak, termasuk Pretty Minnie in Hollywood dan Pretty Minnie in Paris; empat karya karya lainnya, termasuk His Bright Light: The Story of Nick Traina, A Gift of Hope: Helping the Homeless, dan Pure Joy: The Dogs We Love; dan dia juga menulis lirik untuk album musik.

Steel adalah anak tunggal. Perceraian kedua orang tunya, menurut britannica.com, membuat Danielle Steel dibesarkan oleh kerabatnya di Paris dan New York. Pada usia 15 ia telah lulus dari Lycée Français, dan pada 1963 ia mendaftar di Parsons School of Design di New York. Penyakit membuatnya tidak dapat menyelesaikan studinya. Setelah sembuh, ia menikah dengan seorang bankir Prancis yang kaya raya. Pada 1968 ia bekerja sebagai wakil presiden hubungan masyarakat untuk biro iklan Supergirls, Ltd., New York. Ketika perusahaan ditutup pada 1971, Steel beralih menulis novel dan puisi.

Novel pertamanya, Going Home, diterbitkan pada tahun 1973 tetapi penjualnya tidak terlalu bagus. Karena itu, Steel masih menyambi menjadi copy writer untuk Grey Advertising Agency di San Francisco. Namun, menulis novel masih menjadi ambisinya. Setelah bercerai dan menikah lagi dan sambil membesarkan anak-anaknya, Steel terus menulis. Namun, keberhasilan novelnya baru terlihat pada novel keempatnya yang bertajuk The Promise (1978). Novel itu menjadi best seller yang diikuti oleh serangkaian novel berikutnya.

Novel roman fiksi Steel kebanyakan berpusat pada wanita yang kuat namun glamor dalam mengatasi hambatan atau cobaan berat untuk mengamankan karier, cinta, dan keluarga. Beberapa karyanya juga menjadi film televisi populer,seperti Kaleidoscope (1990), Jewels (1992), Mixed Blessings (1995), dan Safe Harbor (2007). Juga novel-novelnya yang datang kemudian, seperti The Apartment (2016), Beauchamp Hall (2018), dan Lost and Found (2019).

Bukan hanya novel, Steel juga menulis puisi Love. Kumpulan puisinya Poems (1981) dan His Bright Light (1998) ditulis untuk putranya, Nick Traina, yang bunuh diri pada usia 19 setelah berjuang melawan penyalahgunaan zat dan penyakit mental. Steel juga menulis dua seri buku anak-anak yang berpusat pada karakter Max dan Martha (1989-91) dan Freddie (1992).

Steel, menurut daniellestell.com, juga mendirikan dan menjalankan dua yayasan, satu untuk menghormati almarhum putranya, The Nick Traina Foundation, yang membiayai organisasi yang terlibat dalam penyakit mental, pelecehan anak, dan pencegahan bunuh diri. Yayasan kedua didirikan untuk membantu para tunawisma. Steel tinggal di Paris dan San Francisco.

Perjalanan menulis Danielle steel bisa menjadi teladan orang yang ingin belajar menulis. Banyak orang yang mengeluh tidak ada waktu untuk menulis karena mengurus anak dan sebagainya. Danielle adalah ibu sembilan anak. Dia menulis sejak anak-anaknya masih kecil. Salam.

Baca juga:

Danielle Steel, Ibu 9 Anak yang Cinta Menulis
Tagged on:                         
Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.