Siapa nyana, ternyata Elon Musk orang terkaya peringkat 20 dunia amat perhatian pada diksi alias pilihan kata. Seperti seniornya, Warren Buffett, Elon Musk juga menginginkan kata-kata yang sederhana dan mudah dimengerti.

Untuk mendorong keuntungan di Tesla, Elon Musk baru-baru ini mengirim memo terperinci kepada stafnya yang menguraikan serangkaian langkah-langkah untuk membantu perusahaan meningkatkan skala produksi, memangkas biaya, dan meningkatkan kualitas.

Musk menutup memo dengan daftar tip produktivitas yang padat. Di antara sarannya untuk meningkatkan produktivitas adalah dua kata ini: “Hindari jargon”. Ini jadi seperti tantangan.

“Jangan menggunakan akronim atau kata-kata yang tidak masuk akal untuk objek, perangkat lunak, atau proses di Tesla. Secara umum, apa pun yang membutuhkan penjelasan, menghambat komunikasi. Kami tidak ingin orang harus menghafal glosarium hanya agar bisa memahami Tesla,” kata Elon Musk.

Memang, Tesla adalah perusahaan yang diperintah oleh insinyur, namun Musk mengatakan mereka dapat menjadi komunikator yang lebih efektif. Itu terjadi jika mereka meninggalkan terminologi dan menggunakan kata-kata yang lebih jernih dan jelas.

Mengutip nasihat Musk sekali lagi, “Secara umum, apa pun yang membutuhkan penjelasan menghambat komunikasi.” Jargon dan akronim adalah hambatan untuk komunikasi dan juga hambatan terhadap produktivitas.

Dengan logika Musk, komunikasi yang lebih jelas di Tesla akan mengarah pada produktivitas yang lebih tinggi. Hal tersebut juga bisa membantu mereka memproduksi lebih banyak mobil listrik dalam waktu yang lebih singkat, menghasilkan keuntungan lebih tinggi per kendaraan.
Perihal mengganti istilah teknis dan kosakata dengan bahasa yang lebih jelas dan lebih mudah dipahami, Glenn Leibowitz dari Inc.com berharap bisa diikuti oleh banyak perusahaan. Apalagi ini disampaikan oleh seorang yang memang kompeten.

Jadi, tulislah dengan sederhana sehingga orang mudah memahami. Agaknya itu pula yang diharapkan Elon Musk. Salam.

Baca juga:

Elon Musk Menulis agar Menghindari Penggunaan Dua Kata Ini
Tagged on:                             

5 thoughts on “Elon Musk Menulis agar Menghindari Penggunaan Dua Kata Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.