orang tua dipisah
Dipisah /Nay Lin Aung (Pixabay)

Acap kita temukan adalah dua penulisan orang tua yang berbeda. Ada yang menulis orang tua, ada yang orangtua. Mana yang benar?

Ya, ada alasan yang sempat terlontar mengapa orang tua harus disambung cara penulisannya. Kata mereka, orangtua adalah orang yang melahirkan kita, bukan orang yang sudah tua. Toh, dalam bahasa Inggris juga ditulis dengan satu kata parent. Ingat ya, orang tua itu dalam bahasa Indonesia.

Benar, tapi kurang tepat. Pertama, orang tua menjadi orang yang sudah tua dan orang tua yang mengacu ke orang yang melahirkan kita amat bergantung pada konteks kalimat atau pembicaraan. Dalam kalimat:

  • Orang tua tergeletak di pos ronda dan kedinginan
  • Orang tuaku bukanlah orang yang kaya harta melainkan kaya hati
  • Ikutilah para ulama, mereka orang tua kita

Dari kalimat ini saja kita sudah tahu mana yang bermakna orang yang sudah tua dan mana orang tua yang melahirkan kita. Tidak akan tertukar bukan tanpa perlu membedakan cara penulisannya orang tua dan orangtua.

Kalimat pertama sudah jelas bermakna orang yang sudah tua. Kalimat kedua jelas bermakna orang yang melahirkan kita. Yang ketiga bermakna orang yang kita hormati seperti orang tua yang melahirkan dan mengasuh kita.

Tidak usah lebai, kalau tidak dibedakan cara penulisannya orang akan salah memaknai.

Tidak ada alasan

Kedua, orang tua adalah kata majemuk. Orang tua yang bermakna adanya hubungan kekerabatan atau darah dan moral tidak boleh bisa disisipi dengan kata lain di antara keduanya.

Misalnya saya menulis, kita harus menghormati orang tua, ini bermakna orang yang memiliki kekerabatan atau orang yang melahirkan kita. Akan berubah maknanya bila ditulis kita harus menghormati orang yang sudah tua, frasa orang tua menjadi kata umum.

Ketiga, alasan mengapa orang tua harus dipisah adalah orang tua adalah sejajar pembentukannya dengan lain dengan memakai kata orang. Misalnya, orang tua, orang muda, orang botak, orang lucu, orang cantik.

Kita juga tidak membedakan penulisan orang tua yang bermakna orang yang melahirkan atau memiliki kekerabatan dan orang yang sudah tua. Kita jangan mengada-ngadalah.

Jadi, ingat tidak ada alasan untuk menulis orang tua menjadi orangtua. Namun, kalau mau terlihat beda (tapi salah), silakan. Salam.

Baca juga:

Ingat, Orang Tua Lebih Baik Dipisah
Tagged on:                 

9 thoughts on “Ingat, Orang Tua Lebih Baik Dipisah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.