ingin piawai menulis
Foto dari pixabay

Piawai dalam menulis tentu dambaan kita semua. Namun, apa yang sudah kita lakukan agar menjadi jawara dalam menulis. Berlatihlah dengan thoughline atau copy the master.

Teknik meniru adalah anjuran yang acap didengungkan untuk pembelajaran menulis. Bahkan, orang sekaliber Joe Vitale menyarankan meniru atau menyalin tulisan para penulis yang mumpuni. Itu bisa dilakukan buat yang ingin piawai menulis seperti jawara menulis itu. Kita bisa belajar menulis seperti Daniele Steel, Jhon Grisham, atau Fiersa Besari.

Belajar menulis dengan menyalin tulisan seperti ini oleh Vitale disebut thoughline (2010:105). Menyalin di sini bukan melakukan salin tempel (copy paste), melainkan menyalin dengan menuliskan kembali. Karena itu, Vitale menyarankan untuk menulis kembali dengan tulisan tangan.

Menulis kembali tulisan para kampiun dengan tulisan tangan akan lebih terasa nikmatnya bila yang kita salin adalah idola kita sendiri. Namun, biasanya para pembelajar menulis sudah memiliki idola menulis. Nah, salinlah tulisan mereka.

Masih berkait dengan belajar menulis, Ismail Marahimin menyodorkan copy the master sebagai salah model pembelajaran menulis. Namun, menurut Marahimin (994:11), metode ini awalnya digunakan untuk belajar melukis pada zaman China kuno.

Berlatih dan berlatih

Seseorang yang ingin menjadi pelukis diminta untuk melukis ulang lukisan master hingga puluhan kali. Itu dilakukan agar benar-benar mirip dengan lukisan master hingga si pelukis itu dapat menemukan gayanya sendiri.

Namun, copy the master yang dipakai oleh Marahimin dalam mengajar mahasiswanya tidak menggunakan tulisan master melainkan tulisan mahasiswanya yang dikoreksi dan diperbaiki di sana-sini. Artinya, tulisan pembelajar menulis itu sendiri yang dijadikan model bagi perbaikan tulisannya hingga menjadi baik.

Kedua metode menulis ini mirip. Inti dari keduanya adalah meniru. Yang pertama adalah meniru dan menyalin tulisan master. Adapun yang kedua, menyalin dan memperbaiki tulisannya sendiri yang sudah dikoreksi.

Kesimpulannya, kedua kegiatan ini memerlukan mentor menulis yang ahli. Mentor yang bisa membimbing hingga aktivitas thoughline dan copy the master bisa meningkatkan kemampuan si pembelajar menulis.

Ada satu benang merah yang bisa ditarik. Untuk bisa menulis dan meningkatkan kemampuan menulis tidak bisa dengan cara lain selain berlatih. Ingin piawai menulis, ikuti trik yang diuraikan di atas. Begitu Bro.

Baca juga:

Ingin Piawai Menulis, Tiru dan Salinlah
Tagged on:             

5 thoughts on “Ingin Piawai Menulis, Tiru dan Salinlah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.