John Grisham banyak menulis novel hukum. Novel banyak diterjemahkan ke berbagai bahasa. Apa rahasia untuk melahirkan novelnya yang dahsyat itu?

Bagi penggemar novel hukum tentu kenal dengan John Grisham. Mengapa dia menulis piawai menulis hukum? Karena dia adalah mantan pengacara. Karena itu Grisham begitu fasih bicara perihal beracara di pengadilan dan sisik-melik hukum.

Novel Grisham yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia antara lain: The Firm, The Painted House, A Time to Kill, The Partner, The Rainmaker,The Chamber, Runaway jury, dan The Rainmaker. Menghasilkan begitu banyak novel, Grisham tentu memiliki kiat yang tersendiri.

Dalam suatu wawancara dengan CBS mengungkapkan beberapa tip menulis. Dia bilang, menulislah dengan mengikuti karakter Anda. Berikut beberapa tip sederhana Grihsam yang lain:

  • Anda harus merencanakan dan menguraikan cerita dengan cermat sebelum menulis kata pertama, terutama jika Anda sedang menulis misteri atau thriller
  • Tulis halaman setiap hari, di tempat dan waktu yang sama
  • Jangan menulis adegan pertama sampai Anda tahu yang terakhir
  • Jangan menulis prolog
  • Ada tiga jenis kata: kata yang kita semua tahu, kata yang harus kita ketahui dan kata yang tidak ada yang tahu. Jangan gunakan kategori ketiga.

Begitulah sedikit rahasia menulis John Grisham. Semoga bisa memperbaiki cara menulis kita. Salam.

Baca juga:

John Grisham: Menulislah Mengikuti Sang Karakter
Tagged on:                 
Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.