Victoria Borodinova dari Pixabay

Ada teman saya yang selalu mengenakan baret ke mana pun dia pergi. Nyentrik, menjadi ciri khasnya. Dalam kerumunan orang, saya mudah menemukannya. Hanya satu buah baret, teman saya itu sudah berbeda dengan orang lain. Dibandingkan dengan semua yang melekat di tubuh teman saya, baret hanyalah sebuah aksesori kecil saja. Kecil tapi membedakan.

Ya, saya memang ingin berbicara perihal kecil tapi membedakan, yaitu fonem. Apa itu fonem? Pengertian baku, fonem adalah satuan bunyi terkecil yang membedakan arti. Satuan bunyi terkecil itu dalam bahasa tulis berwujud huruf. Jadi, sejatinya, semua huruf mulai dari A sampai Z merupakan perwujudan ortografis dari bunyi bahasa.

Mengapa itu bisa membedakan arti? Kata terdiri sejumlah huruf atau bunyi. Misalnya kata tali yang terdiri dari empat kata itu, bila salah satu hurufnya kita ganti pasti artinya berubah. Misalnya bunyi /a/ pada kata itu diganti dengan /u/ sehingga menjadi tuli. Nah, artinya berubah jauh. Tali yang bermakna alat untuk mengikat menjadi bermakna tidak mendengar ketika menjadi tuli.

Lihat, yang diganti hanya satu bunyi terkecil, yang kita sebut fonem, sudah membedakan arti. Kita buat satu contoh, lagi artinya sedang seperti pada frasa lagi makan. Coba kita ganti bunyi /i/ dengan /u/ maka akan menjadi lagu, yang artinya nyanyian.

Itulah, mengapa para instruktur menulis selalu menyarankan untuk memeriksa ejaan kata yang kita tulis. Karena itu tadi, salah satu huruf saja artinya sudah berbeda jauh. Lagi-lagi, kesalahan model begitu, saya bisa katakan sebagai wujud ketidakprofesionalan.

Jadi, hati-hati dalam menulis kata. Jangan sampai karena salah ejaan, pesan yang dibaca orang berbeda dengan yang kita maksud. Memang, bisa jadi hanya salah satu huruf, tapi malu rasanya. Intinya adalah cermat dalam berbahasa. Sampai bertamu lagi, eh, bertemu lagi pada artikel selanjutnya. Aduh, salah, mau ditaruh di mana muka saya.

Baca juga:

Kecil, sih, tapi Bisa Membedakan
Tagged on:                 
Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.