tulisan klepon
Klepon / Wikimedia

Klepon tidak islami, ah, kita tidak akan membicarakan pendapat yang tidak bertanggung jawab itu. Toh, sudah banyak juga yang menulis bantahannya. Sekarang kita lihat kaitan klepon dengan aktivitas menulis.

Klepon kalau dipikir-pikir sebenarnya mirip dengan struktur tulisan. Wah. Lihat saja, klepon terbagi dalam tiga bagian. Lumuran kelapa parut di luar, lalu kulit klepon, dan bagian dalam yang berisi gula jawa cair. Tulisan pun hanya terbagi menjadi tiga. Betul, terdiri dari pembuka, pembahasan, penutup.

Lumuran kelapa pada klepon, itu bisa kita samakan dengan paragraf pembuka. Dia adalah sebuah displai. Yang memikat orang untuk masuk, melanjutkan membaca. Atau, dalam tulisan jurnalistik biasa disebut teras berita atau lead.

Kulit klepon adalah pembahasan atau isi. Di sini kita tahu bahwa kulit klepon terdiri dari campuran tepung ketan, tepung beras, air putih, dan perisa pandan. Paduan dari empat bahan itu jadilah kulit klepon.

Seperti juga pembahasan atau isi tulisan, di sini kita membahas apa yang menjadi pokok persoalan. Yang tentu saja bukan hanya dilihat dari satu sisi melainkan juga dari berbagai sisi. Itu dilakukan untuk meyakinkan pembaca perihal argumentasi atau paparan kita dalam tulisan itu.

Nah, yang terakhir adalah isi klepon, biasanya gula jawa cair. Inilah uniknya makan klepon, kalau tidak hati-hati gula jawa itu akan muncrat. Si gula jawa cair ini bisa kita samakan dengan penutup, bisa juga disebut punch.

Penutup tulisan ini bisa berupa kesimpulan perihal apa yang kita sudah sampaikan di beberapa paragraf sebelumnya, terutama di pembahasan. Atau, dalam tulisan fiksi terkadang dimasukkan kata-kata yang dijadikan judul.

Sudah selesai tulisan kita. Akan menulis apa hari ini? Kalau mau menulis, jangan lupa sedia klepon untuk kudapan. Juga jangan lupa, tulisan itu seperti klepon. Salam.

Baca juga:

Klepon itu Seperti Sebuah Tulisan
Tagged on:                     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.