Parodi jenis komedi yang memelesetkan sesuatu yang sudah diketahui oleh masyarakat. Bisa suatu peristiwa yang tren di masyarakat, bisa karakter tokoh, bisa juga cerita atau dongeng . Umumnya yang sering diparodikan adalah cerita rakyat atau dongeng yang terkenal.

Misalnya saja cerita Jaka Tarub. Jika dalam cerita aslinya dan yang mencuri selendang terbang Nawang Wulan adalah Jaka Tarub, bisa saja ternyata Nawang Wulan yang mencuri baju si Jaka Tarub agar dia mau menjadi kekasihnya. Atau ketika Nawang Wulan bisa kembali ke kayangan karena menemukan selendang terbangnya, Jaka Tarub nekat menyusul ke bulan bersama anaknya.

Saya pernah menggarap parodi juga, untuk program Opera Anak Endong di Trans7 dalam lakon Malin Kundang. Yang dibelokkan dalam cerita ini, ketika Malin Kundang menolak dikutuk menjadi batu, lalu malah mengutuk ibunya. Bila pesan moral dalam cerita aslinya agar agar Malin Kundang merasakan bagaimana susahnya menjadi ibu. Pesan moral yang disampaikan dalam parodinya adalah banyak ibu yang saat ini asyik dengan diri sendiri, sibuk dengan media sosial, sehingga melupakan untuk mendidik dan mengurus anaknya.

Pemarodian juga pernah bisa dengan memelesetkan karakter yang sudah amat dikenal. Dulu sekali, pernah ada Ketoprak Humor di RCTI. Dalam prodi wayang ini, bagaimana Raja Yudhistira yang sangat berwibawa tiba-tiba bergaya kebanci-bancian begitu melihat pengawalnya yang ganteng; atau, bagaimana seorang prajurit berani bercanda-canda dengan rajanya. Yang semua itu tidak mungkin terjadi dalam cerita wayang klasik, karena karakter raja tidak slengean seperti itu.

Mengapa komedi parody mudah memancing tawa? Jelas mudah, bahan bakunya sudah jelas, plot dan karakter sudah jelas. Artinya, kalau kita mengacu ke formula joke, setup-nya sudah disediakan, tinggal membuat punchline-nya. Enak bukan, bahan bakunya sudah tersedia gratis. Sudah begitu, tawa pemirsa bisa dipetik dengan mudah.

Kendati begitu, kerja kreatif adalah kerja yang tidak mudah juga. Sang kreator harus berpikir keras agar setiap ucapan dan gerak dari komedian yang bermain dapat memancing tawa secara maksimal. Salam.

Baca juga:

Komedi Parodi, Komedi Gratisan
Tagged on:                         

5 thoughts on “Komedi Parodi, Komedi Gratisan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.