belajar menulis

Bisakah kita menulis seperti JK Rowling? Bisa, meskipun penulisnya nun jauh di sana. Gampang, kok, kita tinggal meniru bagaimana mereka menulis. Pasti enggak percaya?

Saya dulu amat mengagumi tulisan Arswendo Atmowiloto. Saya suka membaca cerita bersambungnya di majalah Hai. Begitu kagumnya, saya ingin sekali bisa menulis seperti dirinya. Saya menyalin tulisan Arswendo yang dimuat di majalah remaja itu. Saya puas, saya merasa bisa menulis seperti idola saya.Saya meniru hingga kategori fatis yang digunakannya.

Ternyata penulis dunia seperti Ernest Hemingway juga melakukan hal yang sama dengan saya. Belajar menulis dengan menyalin tulisan orang lain. Ada lagi Steve Allen, entertainer Amerika yang penulis dan komedian, belajar menulis humor dengan menyalin cerita-cerita lucu.

Dengan menyalin tulisan para maestro, kata demi kata, menurut Joe Vitale, sama saja kita sudah menghayati berbagai kerumitan tersembunyi yang digunakan dalam tulisan tersebut . “Dengan meniru tulisan yang hebat, Anda belajar membuat tulisan yang hebat,” kata penulis buku Hynotic Writing itu.

Memang sih kegiatan menyalin tulisan model begini kesannya seperti orang kurang kerjaan. Pasanya, aktivitas meniru atau menyalin tulisan memang akan memakan waktu, tapi “Hal ini merupakan pendidikan yang tak ternilai. Anda akan menemukan banyak sekali teknik rahasia yang tersembunyi dalam tulisan tersebut,” ujar Vitale.

Teknik ini oleh Vitale disebut thoughline. Teknik meniru ini juga berguna untuk hal lain, jika ingin menjadi hebat seperti maestro, tirulah sampai kita mengetahui kenapa sanga maestro bisa begitu hebat.

Jadi, sebenarnya kita bisa menjadi apa pun, asal kita mau belajar. Meniru bukanlah menjiplak, melainkan ini merupakan jalan agar bisa menjadi hebat untuk kemudian menemukan jati diri sendiri. Tapi, yang jelas, tidak akan datang menghampiri, bila kita tidak berusaha. Begitu Bro.

Baca juga:

Mau Belajar Menulis dari Maestro? Pakai Thoughline
Tagged on:                 
Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.