Victoria Borodinova dari Pixabay

Membikin joke adalah proses reproduksi dari apa yang kita alami. Baik langsung maupun tidak langsung. Salah satunya dengan banyak membaca atau menonton acara komedi.

Referensi adalah sesuatu yang berlaku pada semua karya kreatif. Seorang pakar sastra Indonesia yang mumpuni, pernah mengatakan bahwa sebuah karya tidak lahir dari kekosongan. Dengan begitu, kita bisa mengatakan bahwa sebuah karya kreatif tidak lahir begitu saja, tapi dia bersandar pada karya-karya sebelumnya.

Untuk melahirkan sebuah karya kreatif lawak/komedi, saya menganjurkan agar kreatif lawak banyak menonton program komedi atau lawak. Dengan menonton program yang sama, kita jadi mempunyai referensi perihal gaya melawak. Selain juga, kita bisa mendapatkan pelajaran dari konsep-konsep komedi yang gagal mengundang tawa. Yang juga lebih penting, kita jadi tidak membuat karya yang sama dengan yang sudah ada.

Pernah beberapa kali saya membuat konsep yang saya kira bagus dan siap ditawarkan ke stasiun teve atau rumah produksi, ternyata ketika saya secara kebetulan menonton teve, program komedi yang mirip seperti yang saya rancang sudah ada. Saya langsung membatalkan rencana. Sebenarnya, kejadian seperti cukup banyak. Bahkan, salah seorang rekan penulis pernah komplain kepada saya dan tim bahwa program yang sedang saya kreatif persis seperti rancangannya. Soal, mirip ya bisa saja. Tapi, yang pasti dalam dunia kreatif setiap orang pasti punya konsep sendiri-sendiri.

Selain itu, sebuah program yang sudah muncul atau tayang tentulah dianggap sebagai yang pertama. Program berikutnya, kendati konsepnya dibilang sudah ada bertahun-tahun sebelumnya, tetap dianggap sebagai pengekor atau peniru.

Joke adalah sebuah proses kreatif yang panjang. Tidak terhindarkan bisa jadi ada beberapa kemiripan. Itu tidak mengapa, yang penting tidak menyalin. Salam.

Baca juga:

Mau Bikin Joke Ciamik, Banyak-Banyak Makan Joke
Tagged on:                 

8 thoughts on “Mau Bikin Joke Ciamik, Banyak-Banyak Makan Joke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.