Steve Buissinne dari Pixabay

Mau menulis naskah komedi, cari tahu dulu bagaimana format penulisan naskahnya. Biar paling tidak punya bayangan cara menulisnya.

Ada beberapa model penulisan naskah komedi untuk televisi tanpa membedakan itu lawak atau komedi situasi, terbagi dalam tiga bagian.

Pertama, skenario, yang berisi lokasi, waktu, tempat dan kejadian serta adegan. Ini merupakan naskah untuk komedi situasi, semacam OB, Suami-Suami Takut Istri, RT Marihot. Penulisan skenario agak lebih kompleks dibandingkan dengan dua format penulisan naskah lainnya.

Biasanya skenario dibuat di luar studio. Artinya, set memang dibuat secara nyata sebagaimana keadaan sebenarnya. Adapun pada format naskah berikutnya, memang naskah yang dibuat untuk pengambilan gambar di studio. Aktor dan aktris yang memainkan naskah ini berada dalam satu panggung (stage) yang setnya dibuat sesuai dengan cerita.

Kedua, bentuk treatment. Sejatinya inilah format naskah yang paling simpel. Yaitu hanya berisi uraian tentang apa yang harus dilakukan para tokoh dalam satu bagian atau segmen. Secara tradisional naskah yang hanya menampilkan plot ini disebut juga drip. Ada juga yang menyebut format ini dengan sinopsis tapi ada pula yang menyebutnya treatment. Biasanya ini merupakan naskah untuk dimainkan para pelawak.

Sebelum pengambilan gambar, pemain biasanya dikumpulkan untuk diberikan pengarahan oleh penulis/kreatif perihal cerita yang akan dimainkan. Dengan begitu, pemain mulai dapat merancang joke atau gimmick dengan lawan mainnya.

Ketiga, naskah lawak yang scripted atau full skrip. Naskah lawak yang berisi dialog yang lengkap dengan joke-joke-nya. Biasanya ini merupakan naskah untuk lawak yang dimainkan oleh pemain yang bukan pelawak. Misalnya, Extravaganza, Ngelenong Nyok, Komedi Betawi, Sketsa Komedi.

Tidak seperti treatment, format ketiga ini dibuat lengkap dengan dialog. Dengan demikian, pemain tidak perlu lagi mencari-cari joke, karena semua sudah tertulis. Yang dilakukan pemain biasanya menciptakan gimmick atau kemungkinan improvisasi.

Demikianlah format penulisan naskah komedi kita. Secara detail saya akan ceritakan pada artikel berikutnya. Salam.

Baca juga:

Mau Menulis Naskah Komedi, Begini Formatnya
Tagged on:                     

4 thoughts on “Mau Menulis Naskah Komedi, Begini Formatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.