menulis tidak mudah

Menulis sesungguhnya merupakan pekerjaan yang paling ringan dan mudah. Tidak ada pekerjaan yang seringan dan semudah menulis. Pasti tidak percaya dengan pernyataan ini.

Tapi, yakinlah, menulis itu mudah sama seperti kita kita berbicara. Selama orang itu mampu berbicara sebenarnya dia bisa menulis. Bahkan, termasuk orang bisu, yang hanya bisa berbicara dalam hatinya.

Menulis itu berbicara atau bertutur. Bila kita mampu berbicara dengan baik—gampangnya, kalau kita ngomong orang lain bisa memahami—berarti mampu pula menulis. Nah, menulis itu gampang kan.

Sekarang mari kita mulai menulis. Cari ide dulu, apa yang akan ditulis. Kita pun bisa memilih akan menulis cerpen, artikel, puisi, naskah drama, skenario, atau apa pun silakan.

Mental block

Bila kita akan menulis tapi tidak bisa menulis barang satu huruf pun, berarti memang ada yang menghambatnya. Hambatan dalam menulis ini biasa disebut mental block. Umumnya hal ini terjadi karena:

  • Tidak berani memulai. Jadi, bila bertekad akan menulis, tulislah jangan khawatirkan apa pun. Kalaupun apa yang kita tulis tidak benar, toh, hanya kita sendiri yang tahu.
  • Tulislah apa yang kita kuasai dan senangi. Dengan begitu kita akan bisa lancar bertutur.
  • Jangan terbelenggu dengan peraturan. Tulislah apa yang kita mau. Yang perlu diingat kita sedang menulis bukan sedang belajar peraturan menulis. Anggap saja semua peraturan menulis itu omong kosong.
  • Tulislah semua yang kita mau jangan pikirkan apa-apa lagi.

Bila kita tahu apa yang akan kita tulis sebagai pembuka, tak masalah, tulislah apa pun. Nanti dengan sendirinya akan terbentuk arah tulisan kita sendiri. Ketika kita berani menulis atau mengetik kata-kata sesungguhnya kita sudah menulis. Seperti orang yang akan berenang, bila tidak berani menyemplung ke kolam ya tidak akan pernah berenang.

Mitos-mitos

Selain hambatan yang datang dari diri sendiri seperti di atas, ada faktor lain yang membuat orang susah untuk menulis . Yaitu mitos-mitos yang berhubungan dengan menulis.

  • Mitos bahwa menulis harus mood dulu. Ini hanya alasan, apalagi bila yang ditulisnya adalah artikel yang berdasarkan data dan fakta.
  • Menulis adalah bakat. Tidak, siapa pun bisa menulis. Menulis adalah ketrampilan. Semakin sering menulis maka semakin mahir. Ingat para penulis sebelum menjadi penulis terkenal adalah penulis yang tak kenal menyerah. Kerjaan hanya menulis dan menulis.
  • Menulis hanya pekerjaan orang pintar. Tidak juga, setiap orang boleh menulis pintar atau tidak.

Nah, jelaskan hambatan menulis bisa datang diri kita sendiri ataupun terlalu serius menanggapi mitos perihal menulis. Kalau menulis, ya, menulis saja. Salam.

Baca juga:

Menulis Mudah, Tapi Inilah yang Menghambat
Tagged on:             

9 thoughts on “Menulis Mudah, Tapi Inilah yang Menghambat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.