merdeka tapi gokil

Bahasa gaul sejatinya bahasa kaum gokil. Mereka membuat bahasa sendiri untuk mendukung kegokilannya. Merdeka banget.

Indonesia hari ini memperingati hari kemerdekaannya yang ke-75. Tahu enggak, sebenarnya merdeka itu milik orang gokil. Lihat saja, dia bertindak atas kehendak hatinya yang penting happy. Begitu pun dalam berbahasa. Makanya, ada yang bilang, ngegokil kalau memakai bahasa yang biasa-biasa saja enggak nendang.

Bahasa gaul sejatinya bahasa kaum gokil. Mereka membuat bahasa sendiri untuk mendukung kegokilannya. Merdeka banget.

Bahasa apa yang dipakai? Bahasa gaul. Merdeka banget ya, mereka bisa memiliki hasa sendiri. Gokil benar. Bahasa gaul ini biasanya dipakai berkelompok. Misalnya antaranggota geng saja, antarkaum wadam, antarkaum selebriti, antarkaum penjahat. Karena itu, bahasa gaul suatu wilayah atau komunitas bisa berbeda. Kendati, bentuk bahasa yang sama juga banyak.

Bahasa gokil ini sebenarnya merupakan bahasa rahasia antargeng saja. Agar ketika mereka berbicara dan orang lain tidak tahu. Masih ingat kamus gaul yang dibikin Deby Sahertian. Itu awalnya adalah bahasa di kalangan banci salon yang lalu merambat ke kalangan selebriti yang merupakan pelanggan salon. Pada akhirnya bahasa ini merupakan milik umum. Hal itu pula yang terjadi dengan bahasa prokem, yang awalnya merupakan bahasa rahasia kalangan preman.

Bahasa Alay

Bahasa gaul itu seperti apa? Nih, saya kasih beberapa contoh beberapa bahasa gaul lengkap sama kalimatnya. Biar kegokilan kamu bisa full.

  • ajep-ajep dugem. Makanya tiap malem jangan ajep-ajep terus, masak setiap hari telat terus ke sekolah.
  • ajib enak, lezat. Gado-gado Mpok Ijah bikin gue ketagihan, ajib.
  • bolot budek, telmi. Bolot nih, masak gue jelasin dari tadi enggak ngerti juga.
  • cupu culun punya, lugu banget. Lu gakmau sama cowok culun begitu.
  • gue banget sesuai dengan diri kita sendiri. Biar gajinya kecil, gue enjoy kerja di sini. Kerjaannya gue banget.
  • jaman jebot jaman dulu, kuno. Udah enggak usah tanya-tanya, dari jaman jebot emang udah begitu.
  • johan jodoh di tangan tuhan. Oh, jadi dia pacaran sama cewek jutek itu. Barangkali ini yang namanya johan kali ya.
  • katro orang kampung, udik. Ah, katro lu, naik lift aja enggak berani.
  • mojok berpacaran, kencan. Gue sebel banget, setiap kemping pasti banyak yang mojok.

Tapi, ada juga bahasa gaul yang agak enggak disukai sama orang, yaitu: bahasa alay. Enggak tahu kenapa orang pada enggak suka? Padahal, itu kan bentuk ekspresi anak-anak muda. Bahasa anak alay memang bisa bikin empet orang.

Bahasa mereka memang agak kurang bisa dicerna. Jadi, jauh dah untuk dijadikan bahasa gaul yang bisa dipahami semua orang secara cepat. Nih, aku petikin—emangnya mau metik buah—beberapa kata kaum alay dan cara menuliskannya.

  • gue : w, wa, q, qu, g
  • aku : akyu, Akuwh, Akku, q
  • lo/kamu : u
  • rumah : humz, hozz
  • aja : ja, ajj
  • deh : dech, deyh
  • sempat : S4
  • lucu: luthu, uchul, luchuw
  • belum : lom, lum
  • chat : C8
  • tempat : T4
  • maaf : mu’uv, muupz, muuv
  • curhat : cvrht
  • Love : luph, luff, loupz, louphh
  • makan : mumz, mamz
  • kamu : kamuh, kamyu, qmu, kamuwh

Nah, terbukti, kaum gokil, memang kaum yang merdeka. Mereka bisa membuat bahasa sendiri untuk mendukung kegokilannya. Kreatif. Tapi, yang penting biarpun kreatif tetap ada aturannya ya.

Mengikuti aturan sama saja menjaga Indonesia. Dirgahayu Indonesiaku, semoga semakin bisa menyejahterakan rakyatnya. Salam.

Baca juga

Merdeka, Bahasanya Kaum Gokil
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.