pentingnya membaca
Membaca / StockSnap (PIxabay)

Membaca bagi seorang penulis laksana asupan gizi yang menyehatkan. Tulisan jadi makin berisi. Begitu pentingnya membaca bagi penulis.

Seorang penulis tentu saja harus memiliki wawasan yang luas. Itu salah satunya bisa didapat dari membaca. Jangan sampai apa yang ditulisnya hanya isapan jempol, atau berdasar fakta dan data yang salah.

Tentu saat ini sering kita temukan tulisan yang hanya mempunyai semangat “menyerang” lawan, sehingga mengabaikan kebenaran data dan fakta. Yang parahnya, ada tulisan yang bersumber dari penafsiran keliru para tokoh.

Dengan banyak membaca, penulis dapat memfilter mana data dan fakta yang benar dan mana yang hanya untuk kepentingan sesaat seseorang. Penulis menjadi lebih mempunyai pendirian.

Dia tidak mudah terombang-ambing oleh arus informasi yang sudah banyak terdistorsi. Benar juga pendapat yang mengatakan, orang yang gemar membaca tidak mudah terpengaruh oleh berita-berita hoaks yang membanjiri media sosial.

Selain membuat wawasan bertambah, membaca juga bisa meningkatkan kemampuan menulis. Kok, bisa. Menurut Robert Brooke (1989), membaca memberi pembelajar sesuatu untuk ditiru. Cara menulis kalimat, menggunakan transisi, dan bagaimana bertutur, bisa dilihat dari tulisan yang kita baca.

Teks bacaan menyediakan model untuk menulis yang efektif yang dapat ditiru oleh pembelajar menulis. Membaca memberi pembelajar menulis meniru penulis idolanya. Saya teringat dengan thoughline dan copy the master.

Namun, proses, bentuk, dan teks dalam bacaan lebih penting daripada identitas penulis. Imitasi atau peniruan, menurut Brooke, sebagai strategi belajar menulis jauh lebih penting.

Artinya, bacaan apa pun yang dianggap bagus bisa menjadi sarana belajar menulis tanpa perlu mengetahui siapa penulisnya. Kendati begitu, membaca penulis idola dapat lebih menimbulkan semangat untuk mengimitasi cara menulisnya.

Jadi, rajinlah membaca, biar wawasan bertambah dan cara menulis kita semakin baik. Itulah pentingnya membaca bagi penulis. Salam.

Baca juga:

Pentingnya Membaca bagi Penulis
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.