Diskusi Daring Harbuknas, 17 Mei 2020 / Dok.

Tadi pagi saya mengikuti Diskusi Daring Harbuknas 17 Mei 2020. Isinya seputar kweirausahaan penulis dan penyunting di tengah pandemi korona. Ada hal yang menarik dari diskusi ini.

Saat ini penulis dan penyunting memang terdampak korona virus. Penerbit pun banyak yang tiarap. Artinya, penulis sudah tidak dapat mengandalkan lagi buku untuk diterbitkan. Bukankah kita membaca di media sosial bagaimana para penulis banyak yang honornya ditunda. Jadi apa yang bisa dilakukan penulis.

Dalam diskusi diinisasi oleh Penro yang dilakukan melalui Zoom itu, Bambang Trim, tokoh perbukuan , mengatakan mindset yang sekarang ada, penulis itu mengirim naskah ke penerbit dan menunggu untuk diterbitkan dan menereima honor. Nah, ketika penerbitnya tumbang, tumbang juga si penulis. Itu pengertian penulis mandiri.

Lantas, Bambang Trim, yang juga Direktur LSP Penulis dan Editor Profesional , mengajukan konsep penulis jasa. Pekerjaan penulis jasa dapat bekerja mandiri sebagai self employee atau membentuk sebuah tim dan badan usaha sebagai business owner. contohnya jasa penerbitan dan perajin buku.

Kata penulis lebih dri 190 buku itu, pasar jasa masih laut biru. dia memberi contoh pernah mendapat pekerjaan untuk menyunting dokumen asuransi dan dari sebuah LSM. Jadi, sumber pekerjaan penulis dan penyunting bukan hanya ada di penerbit, melainkan juga di perusahaan lain. Selain itu, penulis jasa tidak hanya berharap imbalan dari royalti, tetapi dari honor yang jumlahnay tidak terbatas.

Namun, syarat untuk mendapatkan pekerjaan itu hanya satu: kompeten. Bagaimana agar kompeten? Ikuti pelatihan, meningkatkan kapasitas diri, dan mempunyai sertifikat profesi dibidang penulis ataupun penyunting. Sertifikat itu membuktikan bahwa kita memang memiliki kompetensi untuk melakukan pekerjaan menulis dan menyunting.

Intinya adalah sertifikasi. Dengan sertifikasi semakin terbuka peluang bagi penulis dan penyunting untuk meraup penghasilan tidak terbatas. Mau?

Baca juga:

Penulis Buku Beralihlah ke Penulis Jasa
Tagged on:             

4 thoughts on “Penulis Buku Beralihlah ke Penulis Jasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.