Pindah Ibu Kota Harus Dipisah
https://triadisarwoko.com/pindah-ibu-kota-harus-dipisah/
PINDAH ibu kota selalu hangat dibicarakan sejak diwacanakan di awal pemerintahan jokowi hingga kini. Agaknya wacana itu akan menjadi nyata. Presiden Jokowi malah sudah memastikan, pada 2024 ada 1,4 juta ASN pusat yang akan pindah ke ibu kota baru itu.

Saking hangatnya berita kepindahan ibu kota, banyak media lupa yang benar itu ibu kota atau ibukota. Jangan – jangan yang membaca tulisannya ini juga lupa. Oke, yang benar penulisannya adalah ibu kota. Coba, periksa berapa banyak media yang benar dalam penulisannya.

Kalau banyak, itu wajar. Media kita memang demen menggabungkan kata menjadi satu. Ada media yang membedakan orangtua dan orang tua. Katanya, orang yang melahirkan dan membesarkan kita adalah orang tua yang bisa dipadankan dengan parent dalam bahasa Inggris. Adapun orang tua adalah yang sudah tua.

Alasannya, biar tidak tertukar ketika menulisnya dalam kalimat. Wah, benar nih begitu. Lihat saja : (1) orang tua saya tinggal di kampung ; (2) orang tua itu menggelandang di ibu kota. Apakah kita akan mengatakan bahwa kalimat (1) adalah orang yang sudah tua dan kalimat (2) adalah orang tua kita. Ternyata tidak, makna orang tua bukan ditentukan oleh bentuk katanya melainkan oleh susunan kalimatnya atau makna gramatikal.

Jadi, tidak usahlah berlebih – lebihan dalam berbahasa. Kita juga bisa melihat contoh lain perihal penggabungan dua kata : segitiga mestinya ditulis segi tiga, rumahsakit mestinya rumah sakit, budidaya mestinya budi daya.

Kendati begitu, memang ada dua kata yang mesti ditulis gabung. Inilah yang disebut dengan kata majemuk saputangan, kacamata, dan dukacita. Namun, tidak semua kata majemuk juga ditulis jadi satu, seperti kereta api dan mata kaki.

Wah, sebenarnya masih banyak yang ingin saya bicara, seperti ibukota yang harus dipisah menjadi ibu kota, kita juga harus berpisah. Salam.

Baca juga:

Pindah Ibu Kota Harus Dipisah
Tagged on:                 

5 thoughts on “Pindah Ibu Kota Harus Dipisah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.