graham greene menulis 500 kata

Graham Greene adalah penulis Inggris yang masyhur dengan novel The End of The Affair. Novel-novelnya juga amat kental dengan kekatolikannya.

“Saya rata-rata menulis lima ratus kata sehari selama lima hari seminggu,” ujar Graham Greene dalam suatu wawancara. Dengan cara itu, menurut Greene, dia bisa menghasilkan novel dalam setahun. Itu pun masih memungkinkan untuk mengoreksi dan merevisi naskah.

Greene menerapkan aturannya sendiri secara ketat. Dia benar-benar menulis hanya 500 kata. Bila itu tercapai, dia akan berhenti, meskipun itu berada di tengah kalimat.

Bagi Graham Greene, aturan memang harus dipaksakan. Ketika dia menulis tidak ada apa pun yang bisa mengganggunya, bahkan hubungan asmara. “Ketika saya masih muda, hubungan asmara pun tidak akan mengubah jadwal saya. Suatu hubungan cinta harus dimulai setelah makan siang,” ujar Greene.

Begitu tertatanya hidup Greene. “Saya memang sangat mengikuti aturan, ketika target menulis saya telah selesai, baru saya memutuskan apa yang akan saya lakukan.” Ya, memang, “Sesekali saya memang menandai naskah yang telah selesai saya tulis,” ujar Greene.

Yang paling penting, Greene tidak pernah tidak tidur. “Betapa pun terlambatnya untuk tidur, saya selalu tidur di tempat tidur sendiri.” Begitu pagi, dia akan membaca naskah yang tadi dia tidur di atasnya. Menurut Graham Greene, begitu banyak novel yang ditulis di bawah sadar. Ya, mungkin ini yang dimaksud, seorang penulis ketika tidur pun dia tetap menulis.

Tidak menulis seperti diare

Perihal dirinya yang hanya menulis 500 kata sehari, bagi Graham Greene, itulah dirinya. Dia tahu ada juga penulis yang menulis seperti diare, mengalir terus, seperti novelis Lawrence George Durrell. Selain itu.

“Saya kagum pada seseorang seperti Conrad (Joseph Conrad—penulis Polandia yang menulis dalam bahasa Inggris) yang mampu menulis 12 jam terus-menerus. Itu manusia super, hampir,” kata Greene sebagaimana ditulis William Landay dalam blognya.

Jadi, yang terpenting dalam menulis adalah rutinitas. Itu sarana berlatih yang bagus untuk memburu jam terbang. Namanya juga penulis, setiap hari harus menulis. Begitu ya.

Setiap Hari Graham Greene Menulis 500 Kata
Tagged on:                     

9 thoughts on “Setiap Hari Graham Greene Menulis 500 Kata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.