setiap orang

Setiap orang sudah menduduki tempat sesuai dengan porsinya.  Ada yang memang bisa menjadi pemimpin, ada yang memang hanya bisa menjadi pekerja, adanya yang senangnya berusaha sendiri.  Begitu juga dengan jenis kata.  

Kata dalam bahasa Indonesia  juga menduduki  posisi sesuai dengan porsinya. Kata benda dalam kalimat biasanya  menduduki fungsi subjek, objek, atau pelengkap. Misalnya: saya, dia, orang, rumah, penipu, pelari. Adapun kata kerja umumnya terletak sesudah kata benda. Misalnya: dia makan, aku lari, mereka mencintai. Yang termasuk kata kerja antara  lain: kerja, makan,  tidur, lari, teriak.

Nah, kata sifat umumnya terletak sesudah kata benda ataupun sebaliknya. Misalnya: ayah marah, dia takut, mereka sakit. Ada pula  baik hati, sayang ibu, manis madu.  Selain itu, ya  itu tadi, kata  sifat juga berjodoh dengan kata sangat, agak, lebih, kurang, paling, dan dapat diikuti kata sekali, benar, betul (Kridalaksana, 1994; Keraf, 1984). Begitu pun setiap orang sudah ditentukan jodohnya.

Maksudnya, hanya kata sifat yang dapat dilekati kata tersebut dengan baik. Misalnya: sangat lemah,  lebih besar,  agak sakit, merah sekali, lapar benar. Yang termasuk kata sifat: merah, putih, senang, kuat, lambat, dan kata yang berakhiran -if seperti administratif, ekstratif, atraktif..

Catatan khusus untuk kata kerja dan kata sifat. Kedua kata ini sangat berimpit. Lantaran itu, ada istilah verba-adjektiva atau kata kerja yang memiliki unsur kata sifat. Kata kerja jenis ini cenderung tidak menyatakan perbuatan tapi hanya menggambarkan keadaan. Dengan begitu, kata jenis ini dapat bergabung dengan jodoh dekat kata sifat, sangat, lebih, agak. Yang termasuk kata jenis ini seperti rugi, dukung, dampak, pengaruh, variasi, seram, tarik, melas, ngeri, harap, perlu. Misalnya: sangat merugi, agak mendukung, lebih mengerikan.

Selain itu, setiap kata yang dibentuk dari dasar kata sifat tetap memiliki unsur kata ini kendati sudah menjadi kelas kata lain. Kata sifat lapar dan takut dapat diubah menjadi kata benda dengan diberi imbuhan sehingga menjadi kelaparan dan ketakutan. Kendati sudah menjadi kata benda, kata tersebut masih mengandung unsur kata sifat sehingga dapat dilekati dengan jodoh dekat kata sifat. Maka, kata tersebut dapat ditulis  sangat kelaparan, agak ketakutan.

Begitulah, setiap kata mempunyai porsi masing-masing sesuai perannya dalam kalimat.  Tidak ada kalimat yang hanya disusun dengan kata sifat. Tidak ada yang kata benda semua. Tidak ada yang kata sifat semua. Sebuah kalimat mengandung makna hasil dari kerja sama semua kata. Salam.

Baca juga:

Setiap Orang Porsinya Masing-Masing, Begitupun Kata
Tagged on:                     
Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.