Tentu tahu dong, siapa Sidney Sheldon, novelnya sudah banyak yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Sebut saja Wajah Sang Pembunuh yang merupakan terjemahan dari The Naked Face. Lewat Tengah Malam dari The Other Side of Midnight, Malaikat Keadilan dari Rage of Angels. Tapi, tahu tidak bahwa novel pertamanya adalah The Naked Face yang terbit pada 1969.

Mengapa novel The Naked Face menjadi begitu istimewa? Karena ini merupakan novel pertama setelah menulis sekian banyaknaskah untuk televisi dan film. Novel pertamanya itu telah mengantarnya untuk mendapat nominasi untuk kategori Best The Best First Writer. Akhirnya sang novel pertamanya ini juga difilmkan pada 1984.

Sidney Sheldon lahir di Chicago, Illinois, pada 11 Februari 1917. Ayahnya Ascher “Otto” Schechtel, seorang manajer toko perhiasan, dan ibunya Natalie Marcus. Ketika Sidney berusia sepuluh tahun, ia menjual puisinya dengan harga sepuluh dolar dan membuatnya menjadi penjualan pertamanya. Dia sekolah di Denver East High School dan studi pascasarjana di Northwestern University. Di sana ia memberikan kontribusi kepada kelompok drama dengan drama pendeknya.

Pada awal 1937 Sheldon mencoba nasibnya di Hollywood dengan menulis dan meninjau berbagai skrip. Akhirnya, salah satu skenario filmnya South of Panama berhasil dia jual ke rumah produksi seharga US$ 250 dolar pada 1941. Selama Perang Dunia I ia direkrut sebagai pilot di Army Air Corps. Seusai perang dia kembali ke New York meneruskan reputasinya sebagai penulis kreatif. Keberhasilan ini membawanya kembali ke Hollywood. Film pertama yang ditulis oleh Sheldon adalah The Bachelor and the Bobby-Soxer yang membuatnya mendapatkan Academy Award pada 1947.

Dengan munculnya televisi sebagai media populer, Sheldon memutuskan untuk mencoba peruntungannya di dalamnya. Dia menulis seri berjudul The Patty Duke Show dan selama tujuh tahun dia menulis setiap episode. Dia juga membuat, memproduksi, dan menulis acara I Dream of Jeannie menggunakan tiga nama samaran ‘Mark Rowane’, ‘Allan Devon’ dan ‘Christopher Gollato’. Ini juga digunakan ketika menulis Nancy dan Hart to Hart.

Pernikahannya dengan Jorja Curtright Sheldon, seorang aktris dan desainer interior, menurut catatan famousauthors.org, berlangsung selama tiga puluh tahun. Setelah kematiannya pada tahun 1985, Sheldon menikahi Alexandra Kostoff pada tahun 1989. Warisannya mencakup 18 novel yang telah terjual tiga ratus juta kopi, 200 skrip TV dan 25 film utama bersama dengan 6 drama Broadway. Sidney Sheldon meninggal karena Pneumonia di California pada 30 Januari 2007. Dia dimakamkan di Westwood Village Memorial Park Cemetery.

Baca juga:

Sidney Sheldon, Penulis Skrip yang Menulis Novel
Tagged on:                     
Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.