miapowter from Pixabay

Ada orang di balik layar yang membuat pelawak/komedian berhasil. Yaitu: tim kreatif. Orang yang mengolah kehidupan sehari-hari menjadi joke yang menarik. Bagaimana hubungan tim kreatif dan si komedian?

Sejatinya roh dari sebuah pertunjukan adalah naskah. Sebuah naskah yang buruk tentu akan berakibat buruk bagi pertunjukan. Sebuah naskah yang bagus, paling tidak sudah menyumbang sekitar 60% keberhasilan sebuah pementasan.

Agaknya hal inilah yang membuat pelawak atau komedian berlomba mencari naskah yang bagus. Naskah yang bagus bagi pelawak atau komedian tentunya naskah yang dianggap bisa meluncurkan tawa dari pemirsa atau penontonnya. Karena itulah, banyak kelompok lawak/komedian yang kemudian memiliki kreatif atau tim penulis yang dianggap lebih dapat menuliskan naskah lawakan yang lebih berbobot.

Tim kreatif inilah yang memproduksi naskah. Namun, keberadaan tim kreatif/penulis terkadang tidak bisa membuat pelawaknya tampil lebih baik. Itu terjadi karena tim kreatif atau penulis yang ada dianggap tidak bisa mendukung gaya lawakan dari kelompok lawak itu.

Alhasil, tim kreatif/penulis umumnya melalui seleksi alamiah. Yang gaya penulisan joke-nya tidak cocok dengan si pelawak/komedian akan diganti atau akan mundur dengan sendirinya. Karena itu, tim kreatif/penulis harus memiliki sense of humor yang sama dengan pelawak yang dikreatifinya.

Keberadaan kreatif atau tim penulis menjadi penting dalam manajemen sebuah kelompok lawak. Si kreatif atau penulis yang memikirkan naskah atau aspek-aspek lain yang membuat humor atau joke yang dilontarkan menjadi lucu. Adapun pelawak/komedian memikirkan aksi panggungnya.

Artinya, kreatif atau penulis harus memiliki chemistry dengan pelawak/komediannya. Kreatif mengetahui persis apa yang dibutuhkan komediannya, si komedian juga memahami bagaimana struktur atau tipe joke yang dibuat tim kreatifnya. Itulah, adanya chemistry inilah yang membuat kreatif dan pelawaknya menjadi tim yang tangguh dalam memproduksi naskah yang mengundang tawa. Begitu.

Baca juga:

Tim Kreatif dan Komedian itu Tak Terpisahkan
Tagged on:                     

6 thoughts on “Tim Kreatif dan Komedian itu Tak Terpisahkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.