Bagaimana Danielle Steel menulis. Tentu semua orang ingin tahu. Namun, bagi Danielle tidak ada yang istimewa dengan dirinya. Bagi perempuan beranak sembilan ini, yang terbaik adalah yang bisa membuat kita berhasil.

Danielle termasuk rajin menulis blog, melalui saluran inilah penggemarnya biasa bertanya. “Saat saya mulai menulis buku lain, saya menerima pesan dari orang yang membaca blog saya,” kata Danielle dalam artikel yang bertajuk Writing. Sebagian besar, menurut Danielle, menanyakan kebiasaannya menulis. Inilah beberapa tanggapan Danielle Steel dalam blognya. Silakan.

Perihal kebiasaan menulis

“Bagi Anda yang juga menulis, saya selalu mengatakan bahwa tidak ada ‘cara yang baku’ untuk melakukan apa pun dalam hidup ini,” kata Danielle. Beberapa orang menulis setengah halaman sehari, yang lain menulis berhalaman-halaman, menurutnya, itu juga baik-baik saja. Jangan membandingkan diri kita dengan gaya atau kebiasaan menulis orang lain. Kita masing-masing melakukan apa pun yang paling berhasil bagi kita.

Apa yang Anda lakukan ketika selesai menulis novel?

“Hal pertama yang Anda butuhkan adalah menghubungi seorang agen,” kata Danielle. Sebagian besar penerbit tidak akan membaca buku yang tidak datang melalui agen. Jadi, kita perlu menemukan agen untuk menerbitkan karya kita. Tugas agenlah untuk mengirim buku ke penerbit. Ini biasanya melalui proses yang panjang dan lama. “Saya sangat beruntung bahwa buku pertama saya diterbitkan, kendati lima buku berikutnya tidak, dan tidak pernah dijual atau diterbitkan. Jika saya menyerah sebelum itu, saya tidak akan pernah memiliki karier yang saya miliki hari ini,” kata Danielle lagi.

Apakah akan menulis buku tentang bagaimana Anda menulis?

“Jawabannya adalah: tidak. Saya tidak akan melakukannya. Bagi saya itu agak membosankan. Tidak banyak misteri di sana. Jadi, saya tidak akan pernah menulis buku tentang bagaimana saya menulis,” kata Danielle.

Apakah saya menulis sepanjang tahun?

Banyak orang menebak bahwa kesuksesan saya didasarkan pada kerja keras. Oh, benarkah itu! “Saya memang bekerja sangat keras. Itu terjadi di awal karier saya,” ujar Danielle. Perempuan yang satu ini memang mulai menulis ketika baru memiliki satu bayi. Itu dia lakukan, karena kalau menunggu waktu dan sampai punya kesempatan, itu tidak pernah terjadi. “Anda tidak pernah menyelesaikan apa pun,” sela Danielle. Memang, Danielle menjadikan menulis sebagai prioritas, dan menolak semua hal lain.

Selama kurang lebih 30 tahun, Danielle tidak pernah makan siang dengan teman-temannya. Dia tidak ingin waktu menulisnya tersela untuk kegiatan lain. “Saya hanya menyempatkan diri dengan kegiatan yang berhubungan dengan sekolah untuk anak-anak saya. Jika anak saya terlibat dalam kegiatan sekolah, saya selalu ada di sana,” katanya. Satu-satunya prioritas yang lebih besar dalam hidup Danielle adalah keluarganya, anak-anak dan suami. Mereka selalu Danielle dahulukan. “Saya menolak semua hal lain, sehingga saya bisa menulis,” ujar Danielle.

Danielle menulis cukup banyak setiap hari. Tidak selalu menulis buku, terkadang artikel atau esai, puisi atau pemikiran, atau serangkaian surat dan e-mail. “Agar merasa nyaman, saya perlu banyak waktu untuk menulis,” kata Danielle sebagaimana diungkapkan dalam daniellesteel.net. Ketika anak-anak saya masih kecil, saya hanya menulis pada malam hari setelah mereka pergi tidur. Tetapi sekarang setelah mereka dewasa dan kuliah, saya menulis siang dan malam .

Kerja keras tidak membohongi hasil. Pengorbanan Danielle yang begitu besar untuk memperjuangkan passion menulisnya telah membuahkan hasil. Tentu saja ini bisa menjadi teladan bagi kita semua. Salam.

Baca juga:

Tirulah Danielle Steel yang Membuat Menulis Seperti Candu
Tagged on:                     
Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.