tradisi china

Sejak lama umat manusia mengenal China sebagai negara dengan kebudayaan tinggi. Itu tetap terpelihara hingga kini. Jejak budayanya secara nyata kita bisa melihat seperti adanya tembok China. Bagaimana dengan jejak pemikirannya?

Perjalanan pemikiran di Cina lebih banyak merupakan pengembangan dari ajaran tao. Ajaran tao lebih banyak merupakan ajaran moral. Bahwa dengan berbuat kebajikan kita sejatinya Ajaran ini menjadi budaya besar bangsa Cina. Namun, secara garis besar tradisi pemikiran Cina dapat dibagi tiga besar.

Pra-Kongzi
Konsep pemikiran itu dapat ditemukan dalam buku lima kitab (Wu Ching). Buku lima kitab ini diyakini merupakan buku-buku yang ditulis kembali oleh Konfusius dari ajaran-ajaran sebelumnya. Buku-buku ini juga berbau metafisika, misalnya buku I Cing banyak dipakai para peramal pada zaman itu untuk menasihati para penguasa selama masa perang antarnegara. Terutama penggunaan heksagram yin (negatif) dan yang (positif) dalam buku itu.
Sebelum ajaran Kongzi dan Mengzi, bangsa Cina menganut kepercayaan kepada dewa-dewa yang dianggap memiliki kekuatan alam. Dewa-dewa yang menerima pemujaan tertinggi dari mereka adalah Feng-Pa (dewa angin), Lei-Shih (dewan angin topan yang digambarkan sebagai naga besar), T’sai-Shan (dewa penguasa bukit suci), dan Ho-Po. Menurut kepercayaan Cina kuno, dunia digambarkan sebagai sebuah segi empat yang di bagian atasnya ditutupi oleh 9 lapisan langit.

Pemikiran Kongzi
Ajaran moral Kongzi perihal menjalani kehidupan ini berdasarkan pegangan moral. Buku-buku ajarannya banyak ditulis oleh murid dan pengikutnya sesudah Kongzi meninggal.

Masa modern/republik/komunis
Ditandai dengan runtuhnya dinasti terakhir Cina, yaitu Dinasti Qing, oleh gerakan yang dilakukan Sun Yat Sen. Kemudian dilanjutkan oleh Partai Komunis Cina dengan tujuan untuk meningkat kesejahteraan rakyat cina.


Dalam artikel berikutnya saya akan memperkenalkan beberapa pemikir China. Dengan demikian kita jadi dapat mengetahui secara utuh pemikiran yang berkembang di China. Salam.

Baca juga:

Tradisi Pemikiran China hingga Seperti Sekarang
Tagged on:                     
Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.