jaga otak kreatif

Penulis dituntut untuk terus kreatif guna melahirkan tulisan yang menarik. Tahukah, yang menyebabkan kita terus kreatif adalah otak kanan. Jadi, rawatlah otak kanan agar kita selalu kreatif. Bagaimana caranya?

Bro, otak manusia adalah organ yang rumit. Dari sinilah sumber kreativitas dan bernalar. Tahu tidak kedua belah otak ini, otak kreatif dan otak nalar, beratnya cuma sekitar 3 pon. Tapi si otak ini berisi sekitar 100 miliar neuron dan 100 triliun koneksi. Nah, otak ini merupakan pusat komando dari semua yang kita pikirkan, rasakan, dan lakukan.

Otak terbagi dalam dua bagian, seperti disebutkan di atas. Yang masing-masing bagian mengontrol fungsi tertentu . Memang, secara fisik kedua bagian ini sama, namun memiliki perbedaan dalam memproses informasi. Cara memproses informasinya memang berbeda, namun keduanya tidaklah bekerja sendiri-sendiri. Antara keduanya masih ada hubungan.

Kedua belah bagian otak ini dihubungkan oleh serabut saraf. Jika cedera otak memutuskan hubungan antar sisi, Anda masih bisa berfungsi. Tetapi kurangnya integrasi akan menyebabkan beberapa gangguan.

Otak manusia secara konstan mengatur ulang dirinya sendiri. Itulah yang menyebabkan si otak mudah beradaptasi untuk berubah. Entah karena perubahan fisik ataupun melalui pengalaman hidup. Karena itu, otak bisa dipengaruhi untuk berubah. Untuk yang satu ada metode khusus.

Otak kiri dominan
otak kreatif dan otak rasional

Namun, kebanyakan orang cenderung untuk memfungsikan otak kiri. Apalagi di Indonesia, yang begitu mengagungkan matematika. Pernah ada menteri pendidikan Indonesia yang bila nilai matematikanya jelek tidak lulus. Waktu itu, banyak anak-anak yang frustrasi bahkan bunuh diri karena kebijakan yang tidak bajik ini.

Hidup tidak hanya di atur oleh otak kiri. Bahkan, boleh dibilang otak kanan atau otak kreatif juga berperan cukup besar bagi peradaban manusia. Pesawat terbang merupakan hasil kerja otak kreatif. Tadinya, pesawat terbang adalah mimpi. Bermimpi, berkhayal, berimajinasi merupakan aktivitas otak kreatif.

Pesawat adalah mimpi Leonardo da Vinci. Lantas melukis mahakarya Monalisa ini menginspirasi orang lain untuk melanjutkan apa yang dibuatnya. Benar juga apa yang dikatakan penulis Laskar Pelangi, Andre Hirata, mimpi adalah kunci untuk menaklukkan dunia.

Semua bangunan dan semua karya yang indah dan menarik adalah karya otak kanan. Otak kreatif ini yang mengimajinasikan karya-karya yang indah. Sesudah itu barulah dilanjutkan dengan campur tangan otak kiri.

hasil otak kreatif
Hasil otak kreatif / Pixabay

Yang membuat otak kiri dominan karena kita terlalu terpesona dengan keunggulan otak kanan dalam menyelesaikan masalah. Namun, tanpa otak kreatif, semua solusi akan beku tanpa imajinasi.

Seperti kita ketahui otak kiri yang juga disebut otak kreatif memang digunakan untuk berpikir logis, analitis, matematis, rasional. Otak kanan digunakan untuk berpikir kreatif, seni, emosi, imajinasi, analogi.

Nah, sebagai penulis, kita memang lebih banyak menggunakan otak kreatif . Namun, otak kiri tetaplah digunakan ketika harus berpikir kritis mengenai suatu persoalan. Sejatinya, pendidikan kita juga harus menyeimbangkan penggunaan kedua bagian otak kita itu, jangan hanya.

Menjaga otak tetap tajam

Dengan begitu, otak harus dirawat dengan baik. Caranya dengan menjaga agar otak kita tetap aktif. Menurut Asosiasi Alzheimer , menjaga otak tetap aktif dapat membantu meningkatkan vitalitas dan kemungkinan menghasilkan sel-sel otak baru

Berikut beberapa tip untuk menjaga otak Anda tetap terstimulasi:

• Luangkan waktu setiap hari untuk membaca, menulis, atau keduanya.
•Jangan berhenti belajar. Ikuti kelas, menghadiri kuliah, atau mencoba memperoleh keterampilan baru.
• Atasi teka-teki silang dan sudoku yang menantang.
• Mainkan permainan memori, permainan papan, permainan kartu, atau permainan video.
• Lakukan hobi baru yang mengharuskan Anda untuk fokus.

Selain latihan berpikir, otak juga bisa mendapat manfaat dari latihan fisik yang baik. Hanya latihan aerobik 120 menit l seminggu dapat membantu meningkatkan memori verbal. Lalu, hindari junk food dan pastikan untuk mendapatkan semua nutrisi penting yang dibutuhkan melalui diet atau suplemen makanan. Tentu saja, usahakan untuk tidur nyenyak setiap malam.

Kiat meningkatkan kreativitas

Jika kita ingin mencoba mengembangkan sisi kreatif, tentunya ini untuk penulis, berikut beberapa cara untuk memulai: Baca dan dengarkan ide-ide kreatif orang lain. Dari sana mungkin bisa menemukan benih ide untuk dikembangkan, atau membebaskan imajinasi kita sendiri.
Mencoba sesuatu yang baru. Lakukan hobi kreatif, seperti memainkan alat musik, menggambar, atau mendongeng. Hobi yang menenangkan dapat membantu pikiran kita mengembara ke tempat-tempat baru.

Tetap segar. Hancurkan pola rutinitas, dan keluarlah dari zona nyaman. Lakukan perjalanan ke tempat yang belum pernah dikunjungi. Benamkan diri dalam budaya lain. Ikuti kursus dengan materi yang belum pernah dipelajari sebelumnya.

Beberapa tip dan trik untuk menjaga agar tetap kreatif:
• Saat Anda mendapatkan ide baru, tulis dan kembangkan lebih lanjut.
• Lakukan curah pendapat. Saat dihadapkan pada suatu masalah, cobalah mencari beberapa cara untuk mendapatkan solusinya.
• Saat melakukan pekerjaan sederhana, seperti mencuci piring, matikan TV dan biarkan pikiran Anda mengembara ke tempat baru.
• Istirahat, rileks, dan tertawalah agar kreativitas Anda mengalir.

Bahkan sesuatu yang sekreatif musik membutuhkan waktu, kesabaran, dan latihan. Semakin banyak kita mempraktikkan aktivitas baru, semakin banyak otak beradaptasi dengan informasi baru.

Demikianlah beberapa kita untuk merawat otak kita, baik otak kreatif maupun otak kanan, agar tetap aktif, sehingga kita bisa terus menghasilkan karya yang cemerlang. Begitu, semoga bermanfaat. Salam.

Baca juga:

Wahai Penulis, Rawatlah Otak Kreatif Anda
Tagged on:                     

4 thoughts on “Wahai Penulis, Rawatlah Otak Kreatif Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello, selamat datang ..!
Silakan konsultasi dengan saya.